10 February 2015

by Glenn Kaonang

Tidak Mau Kalah dari Samsung, LG Siapkan VR Headset untuk Smartphone LG G3

Persaingan duo raksasa teknologi asal Korea Selatan ini telah berlangsung selama beberapa tahun dan melibatkan berbagai sektor, mulai dari smartphone, TV hingga mesin cuci. Sektor terbaru yang tengah ‘dipertarungkan’ adalah VR (virtual reality) headset, yang belakangan memang menjadi pusat perhatian industri teknologi.

Bulan September lalu, Samsung mengumumkan Gear VR, sebuah VR headset yang hanya memerlukan Galaxy Note 4 untuk bisa bekerja – tanpa kabel, tanpa sambungan ke perangkat eksternal lain. Selang beberapa bulan kemudian, LG mengambil langkah yang serupa dengan memperkenalkan VR for G3.

Jika Samsung bekerja sama dengan Oculus dalam mengembangkan Gear VR, LG memilih Google sebagai mitranya dalam menggarap VR for G3, dimana VR headset ini dirancang mengikuti desain Google Cardboard. Sesuai namanya, VR for G3 adalah jodoh smartphone LG G3 dalam menciptakan pengalaman virtual reality – dalam resolusi Quad HD (2560x1440) – bagi penggunanya.

Bukti keserasian VR for G3 dan LG G3 dapat dilihat dari lubang kecil pada bagian depan VR headset tersebut. Lubang itu merupakan tempat bernaungnya tombol power dan sepasang tombol volume milik LG G3 sehingga pengguna masih bisa mengakses ketiga tombol tersebut dengan mudah.

Selain akses tombol yang gampang, desain unik milik VR for G3 juga diklaim dapat memaksimalkan kinerja speaker milik LG G3. VR headset ini juga dilengkapi konektivitas Bluetooth untuk bisa disambungkan ke headset nirkabel jika sang pengguna merasa kualitas audionya masih kurang memuaskan.

 

Info menarik: Headset Virtual Reality Zeiss VR One Sudah Tersedia

 

Sama seperti Gear VR milik Samsung, VR for G3 hanya memerlukan LG G3 untuk dapat digunakan, tanpa bantuan perangkat eksternal lain. Anda hanya perlu menyelipkan LG G3 ke dalam VR headset tersebut, lalu Anda bisa memainkan game atau aplikasi virtual reality yang kompatibel.

Semua pemrosesan yang dibutuhkan akan dijalankan oleh LG G3 sendiri – smartphone ini memang sudah disertai spesifikasi yang mumpuni. Perpaduan magnet neodymium berwujud cincin yang tertanam di bagian sisi VR for G3 dan gyroscope milik LG G3 memungkinkan sang pengguna untuk mengoperasikannya tanpa perlu menyentuh layar LG G3.

Kolaborasinya dengan Google memungkinkan LG untuk merilis VR for G3 secara cuma-cuma – Samsung Gear VR dihargai $200. Sayangnya tidak ada informasi spesifik mengenai tanggal rilis maupun negara mana saja yang dituju. LG hanya mengatakan bahwa VR for G3 akan diberikan secara gratis pada konsumen yang baru membeli smartphone LG G3 di beberapa negara terpilih dalam beberapa bulan ke depan.

Sumber: LG via Engadget.