Categories

Gadget

[Rumor] Dua Laptop Linux Murah Xiaomi Serbu Pasar Tahun Depan

Bambang Winarso - 27 October 2015

Sejak tahun lalu Xiaomi telah disebut-sebut akan berkecimpung ke dalam industri laptop setelah debutnya di ranah mobile berjalan sangat mulus. Sempat ditampik, tapi baru-baru ini sebuah laporan muncul dengan klaim yang lebih berani, dimana dikatakan laptop Xiaomi akan dirilis tahun depan.

Digitimes yang membeberkan laporan tersebut lebih jauh mengatakan bahwa Xiaomi berencana meluncurkan dua varian notebook. Varian pertama mengemas layar 12,5 inci dan varian lainnya selebar 13,3 inci. Keduanya sama-sama menjalankan sistem operasi Linux, sebagaimana juga pernah disebutkan dalam rumor tahun lalu.

Tak hanya berbeda ukuran, keduanya juga akan dibuat oleh pabrikan yang berbeda. Varian 12,5 inci kabarnya akan diproduksi oleh Inventec sebanyak 250.000 unit. Untuk informasi, Inventec adalah perusahaan yang sejak lama dipercaya oleh Acer, Toshiba dan HP untuk membantu mereka memproduksi laptop-laptopnya.

Sementara varian 13,3 inci akan diproduksi oleh Compal Electronics yang dikenal sebagai pembuat beberapa perangkat Apple, PlayStation, Xbox, dan Nintendo. Compal Electronics akan mengerjakan 300.000 ribu unit laptop untuk Xiaomi.

Info Menarik:Punya Gadget Xiaomi Berikut? Silakan Update ke MIUI 7

Belum ada bocoran bakal seperti apa spesifikasi yang dibawa keduanya. Namun sejumlah pihak percaya, laptop Xiaomi masih akan meneruskan tradisi sang vendor yang fokus pada performa tapi tetap ramah di kantong. Senjata andalan Xiaomi yang sudah terbukti menghantarkan mereka ke puncak popularitas industri mobile.

Tahun lalu melalui Communications Manager-nya Kaylene Hong, Xiaomi membantah kabar serupa yang memberitakan soal bocoran laptop buatan Xiaomi. Sekarang, dengan kemunculan kabar baru ini, sangat mungkin bahwa Xiaomi sebenarnya hanya membantah bocoran foto yang beredar. Bukan membantah soal rencana peluncuran laptop yang sesungguhnya.

Skenario Xiaomi terjun ke bisnis laptop bukan sesuatu yang berlebihan mengingat sukses besar mereka raih saat menggarap sektor mobile, wearable dan perangkat rumahan. Kasarnya, jika ada perusahaan yang dianggap mampu dan bisa menggarap industri laptop Linux, Xiaomi-lah perusahaannya. Itu hanya soal waktu. Bagaimana pendapat Anda?

Sumber berita Digitaltrends, Omgubuntu dan gambar header Gil C/Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter