11 February 2013

by Iqbal Farabi

Rumor: Lumia 1000, Lumia 720 dan Lumia 520

Beberapa waktu lalu kami sempat membahas mengenai rumor akan diluncurkannya seri baru ponsel berbasis Windows Phone dari Lumia yang akan menggunakan teknologi PureView. Ponsel yang saat ini memiliki kode nama EOS ini dikatakan akan memiliki sensor kamera dengan resolusi sebesar 41 MP. Saat itu, EOS dirumorkan akan dirilis pada tahun 2013 ini.

Kali ini rumor datang dari blog teknologi Unwired View. Menurut Unwired View, pada situs operator seluler China Mobile (yang merupakan operator seluler terbesar di Cina dan seluruh dunia berdasarkan jumlah pelanggan), ditemukan sebuah entri Lumia yang belum pernah muncul sebelumnya. Entri ini bertuliskan Lumia 1000. Besar dugaan dari Unwired View bahwa nama inilah yang akan menjadi nama resmi EOS.

Selain itu, Unwired View juga mengabarkan bahwa dua entri Lumia lainnya yang akan menambah daftar seri ponsel pintar berbasis Windows Phone dari Nokia. Adalah Lumia 720 dan Lumia 520 yang didapati oleh blog Nokianesia telah lulus sertifikasi dari Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi Indonesia. Kedua entri ini muncul di situs resmi Dirjen Postel. Diyakini, keduanya adalah penerus dari seri Lumia 710 dan Lumia 510 yang pernah diluncurkan sebelumnya. Blog Nokianesia sendiri meyakini bahwa Lumia 720 dan Lumia 520 akan dirilis pada kuartal kedua tahun ini.

Unwired View berspekulasi bahwa kedua seri ini akan diperuntukkan bagi pasar low-end sebagaimana Lumia 620. Meskipun demikian, hingga saat tulisan ini dibuat, belum ada informasi lebih detil lagi mengenai spesifikasi kedua perangkat ini.

 

Sumber: Unwired View dan Nokianesia. Gambar: Ephotozine.