20 February 2015

by Glenn Kaonang

[Rumor] MacBook Air Generasi Selanjutnya Akan Dibekali Pemindai Sidik Jari?

Salah satu keunggulan Apple iPhone adalah Touch ID, alias pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan baik dan memiliki kinerja di atas milik pesaing-pesaingnya. Komponen ini kabarnya akan mendarat di perangkat MacBook Air generasi selanjutnya.

Rumor ini datang dari blog teknologi asal Taiwan yang memiliki track record yang cukup baik, dimana mereka berhasil meramalkan kehadiran Touch ID di iPhone 5S pada tahun 2013, dan merilis foto komponen Touch ID dan prosesor A8X milik iPad Air 2 tahun lalu. Menurut mereka, Touch ID akan tiba di Mac tahun ini dengan fungsionalitas layanan Apple Pay.

Seperti yang kita ketahui, Touch ID kini bukan lagi fitur eksklusif milik iPhone. iPad Air dan iPad Mini generasi terbaru juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang sama. Maka dari itu, wajar saja jika Apple berencana menanamkan komponen yang sama ke lini komputernya.

Info menarik: MacID: Buka Perangkat Mac dengan TouchID

Mac pertama yang kemungkinan besar akan mendapatkan Touch ID adalah generasi baru MacBook Air, disusul oleh MacBook Pro di lain waktu. Laptop super tipis tersebut kabarnya akan memiliki desain baru dengan layar Retina 12 inci dan sensor sidik jari yang terintegrasi pada trackpad-nya.

Apple juga dikabarkan akan merilis versi baru Magic Trackpad dan Magic Mouse yang telah dilengkapi Touch ID di dalamnya. Tujuannya adalah agar kedua periferal tersebut bisa dimanfaatkan pemilik Mac versi desktop – iMac, Mac Pro dan Mac Mini – untuk mendapatkan fungsionalitas pemindaian sidik jari yang sama.

Singkat cerita, ke depannya pengguna Mac hanya perlu menempatkan jarinya di atas trackpad untuk membuka Mac yang tengah terkunci, serta melakukan transaksi online dengan layanan Apple Pay langsung pada Mac-nya – meski yang terakhir ini saya kira masih sangat lama implementasinya di Indonesia.

Kita tunggu apakah kabar ini benar akan diterapkan Apple atau hanya rumor saja.

Sumber: apple.club.tw via Huffington Post dan 9to5Mac. Sumber gambar: Apple.