9 February 2015

by Bambang Winarso

[Rumor] Samsung Sedang "Racik" Galaxy Tab A dan Galaxy Tab A Plus, ini Bocoran Speknya

Tahun ini selain diharapkan segera menguak keberadaan punggawa barunya, Galaxy S6, Samsung juga disebut-sebut sedang meracik dua perangkat tablet teranyar yang kabarnya berjuluk Galaxy Tab A dan Galaxy Tab A Plus.

Penyegaran diharapkan dibawa oleh dua tablet ini - selain nama baru pastinya - seperti misalnya untuk varian Galaxy Tab A Plus menurut rumor menjadi perangkat tablet di luar dari lini Galaxy Note series yang mendapatkan amunisi berupa S Pen.

Rumor yang beredar juga mengulas soal spesifikasi kedua tablet. Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Galaxy Tab A nantinya memiliki dua model yang dibedakan atas ukuran layar, yakni 8 inci dan 9,7 inci. Begitu juga varian Galaxy Tab A Plus.

 

Info Menarik:Inikah Bentuk Smartphone Samsung Galaxy S6 Mendatang?

 

Spesifikasi Galaxy Tab A varian 8 inci akan sama dengan Galaxy Tab A Plus model 8 inci, begitu juga model 9,7 inci, keduanya akan menawarkan spesifikasi yang serupa.

Galaxy Tab A dan Galaxy Tab A Plus model 8 inci dibekali komponen prosesor buatan Qualcomm, Snapdragon 410 yang mempunyai kecepatan clock 1,2GHz. Prosesor jenis ini banyak dipergunakan oleh tablet-tablet di kelas menengah, tidak terlalu istimewa tetapi terbilang sangat baik.

Kemudian aspek rasio layar diketahui 4:3 dengan resolusi 1024 x 768 piksel, menawarkan kualitas visual yang nyaman dan jernih. Keunggulan Samsung di elemen ini sudah terbukti, kita bisa lihat dari beberapa varian tablet yang pernah mereka lepaskan ke pasaran dan mendapat respon baik dari konsumen.

RAM 1,5GB menjadi penopang daya gedor prosesor untuk menghasilkan kinerja yang lebih optimal. Selanjutnya terdapat kamera utama 5MP ditambah kamera depan 2MP, kemudian memori internal 16GB dan baterai berkapasitas 4200mAh.

 

Info Menarik:Dakele 3, Smartphone Tiruan iPhone 6 yang Nyaris ‘Sempurna’

 

Sementara untuk varian 9,7 inci selain keunggulan tambahan S Pen juga dibuat lebih bertenaga berkat prosesor Qualcomm APQ8016 dengan clock yang sama namun dengan RAM lebih lega, 2GB dan baterai lebih besar yakni 6000mAh.

Masih dari sumber yang sama, Samsung kemungkinan akan menawarkan varian dengan dukungan WiFi tanpa jaringan seluler dan varian dengan teknologi 4G LTE. Tetapi, kita belum ketahui kapan kedua tablet akan diumumkan oleh sang vendor, sejauh yang kita ketahui bulan depan akan ada ajang MWC 2015 dan bukan tidak mungkin kedua tablet akan mejeng di sana.

Sumber Ubergizmo dan gambar header Ilustrasi Galaxy Note Pro.