9 February 2015

by Oki Rosgani

Inikah Bentuk Smartphone Samsung Galaxy S6 Mendatang?

Samsung dikabarkan tengah bersiap untuk merilis smartphone flagship terbaru mereka, dari rumor yang beredar dikabarkan bahwa produsen elektronik asal Korea ini akan merilis tidak hanya satu model saja,  namun ada dua model smartphone yang telah disiapkan untuk menggempur pasar smartphone Android tahun ini.

Kedua model smartphone tersebut adalah Samsung Galaxy S6 (versi reguler) dan Galaxy S6 Edge, walaupun sama-sama mengusung nama S6 namun keduanya memiliki bentuk disain yang sama sekali berbeda. Situs CNet Korea telah merilis gambar yang dipercaya sebagai bentuk dari kedua model smartphone jagoan baru yang akan digelontorkan Samsung tersebut.

Penggunaan nama Edge mengingatkan kita pada smartphoneGalaxy Note Edge yang memiliki keunikan karena pada salah satu bagian sisi layarnya dibuat melengkung. Nah, smartphoneGalaxy S6 Edge kabarnya akan memiliki bentuk layat serupa, namun info yang beredar menyebutkan bahwa Samsung akan menyematkan layar lengkung ini tidak hanya pada satu sisi saja, tapi kedua sisi layar smartphone Galaxy S6 Edge akan dibuat melengkung.

 

Info menarik: 10 Aplikasi Wajib Install Pada Mac Baru

 

 

Dan fungsi layar lengkung ini kemungkinan akan memiliki fitur panel yang sama persis, nantinya pengguna akan dapat mengakses berbagai informasi secara cepat juga menampilkan notifikasi dari berbagai aplikasi dan layanan seperti misalnya Yahoo! Finance, berita, kontak, dan yang lainnya.

Jika kabar ini benar, maka smartphone Galaxy S6 Edge akan memiliki disain yang benar-benar baru, sedangkan untuk bagian kameranya kedua smartphone ini dikabarkan memiliki bagian kamera yang dibuat sedikit menonjol serta memiliki desain body berbahan metal pada bagian sisinya yang akan membuat smartphone ini terlihat berkelas dan kokoh.

Namun begitu, bocoran gambar yang dirilis oleh CNet Korea tersebut masih merupakan spekulasi setelah kemunculan gambar teaser yang dirilis sebelumnya untuk acara Samsung Galaxy Unpacked 2015 yang akan digelar pada bulan Maret di Barcelona disela-sela perhelatan Mobile World Congress 2015 nanti.

Informasi lain, situs SamMobile telah  memuat dua buah gambar skema dari smartphone Galaxy S6, yang menampilkan gambaran data detail dari dimensi smartphone tersebut.

Dari sketsa tersebut kita bisa melihat bahwa Galaxy S6 akan memiliki ketebalan 6.91 mm sedangkan secara keseluruhan smartphone itu akan memiliki dimensi 143 x 70.8 x 6.91 mm atau 5.6 x 2.78 x 0.27 inci. Dimensi tersebut nyaris mendekati dimensi yang dimiliki Apple iPhone 6, dengan data ini berarti Galaxy S6 juga memiliki body yang lebih ramping dibanding kakanya, Galaxy S5.

 

Info menarik: Game Android Pilihan 2 – 8 Februari 2015

 

Lantas bagaimana dengan spesifikasinya? Menurut informasi yang beredar, Samsung Galaxy S6 akan diotaki dengan prosesor Exynos 7420 besutan Samsung sendiri, prosesor ini menggunakan basis arsitektur proses 14nm yang dipercaya selain memberikan performa yang lebih baik dan lebih irit dalam penggunaan baterai dibanding prosesor Snapdragon 810 yang memiliki arsitektur 20nm besutan Qualcomm, meski rumor sebelumnya mengatakan bahwa Galaxy S6 akan menggunakan prosesor Snapdragon 810 dari Qualcomm.

Untuk mendukung kinerjanya Samsung dikabarkan menyematkan RAM sebesar 4GB, layar dengan kualitas QHD dengan resolusi 2560 x 1440 piksel, serta kamera 20 megapiksel dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS), untuk fitur kamera ini sepertinya Samsung akan bersaing dengan smartphone LG G4 mendatang yang kabarnya akan memiliki kemampuan kamera yang sama.

Selain perubahan disisi hardware, Samsung juga rumornya akan memberikan beberapa perubahan lain untuk smartphone jagoan barunya ini, antara lain perubahan antar muka TouchWiz UI yang akan lebih dioptimalkan, desain body berbahan metal, serta sensor sidik jari yang akan ditempatkan pada tombol home mirip dengan perangkat Apple terbaru, sebelumnya fitur sensor sidik jari milik Samsung ditempatkan pada area bawah layar, untuk mengaksenya pengguna diharuskan mengeser jarinya pada bagian tersebut untuk membuka kunci smartphone.

Berikut ini adalah skema yang dipercaya sebagai gambar smartphone Samsung Galaxy S6 tersebut:

Sumber: 1, 2 | Gambar Header: CNet Korea.