12 February 2015

by Bambang Winarso

[Rumor] Siapkan Perangkat Wearable Bernama "Petra", HTC Enggan Gandeng Google

Vendor perangkat, HTC dikabarkan sedang bersiap meramaikan segmen perangkat wearable dengan menggodok perangkat bernama Petra yang bisa jadi adalah perangkat smartwatch atau smartband.

Munculnya rumor HTC Petra jelang MWC 2015 memunculkan anggapan perangkat akan menjadi salah satu kejutan HTC di event tersebut.

Adalah Upleaks yang baru-baru ini membeberkan bocoran spesifikasi HTC Petra secara lengkap. Seperti informasi soal layar fleksibel PMOLED berukuran 1,8 inci dan bobot perangkat hanya 23 gram. Rincian ini sangat mirip dengan beberapa perangkat wearable yang sudah diluncurkan lebih dahulu.

Berikutnya HTC Petra diyakini membawa chipset ST Micro STM32L151, fitur koneksi Bluetooth dan GPS, lalu sejumlah fitur tambahan seperti alarm, timer, stopwatch, pendukung kebugaran dan pola tidur, kemudian informasi cuaca dan dukungan notifikasi untuk smartphone.

 

Info Menarik:BioLite NanoGrid, Sistem Pencahayaan Sekaligus Sumber Listrik dalam Wujud yang Ringkas

 

Detail kemampuan baterai menurut rilisan Upleaks terpampang bertahan lebih dari tiga hari, anti air dan debu rating IP57, kemudian mendukung perangkat berbasis Android 4.4 KitKat dan iOS 7 ke atas.

Yang menarik, HTC sepertinya tidak berminat untuk menggandeng Google untuk perangkat wearable-nya ini. Alih-alih menggunakan Android Wear, HTC lebih suka mengembangkan sistem operasi sendiri yang disebut RTOS.

HTC Petra jika benar-benar hadir akan tersedia dalam balutan warna teal/lime dan black/blue gray, kemungkinan akan diluncurkan ke pasar Amerika Serikat terlebih dahulu sebelum menyambangi seluruh pasar potensial HTC.

Menurut bocoran, HTC Petra dijadwalkan rilis pada Q1 tahun 2015. Namun kita berharap perangkat dapat dipamerkan di ajang MWC 2015 yang pelaksanannya tinggal hitungan hari.

Sumber berita Ubergizmo dan gambar header 360b/Shutterstock.