1. DScovery

Sales: Pengertian, Tugas, dan Jenis-Jenisnya

Sales adalah pihak yang bertanggung jawab secara langsung atas penjualan produk dari sebuah perusahaan.

Sales merupakan garda terdepan terdepan dari sebuah perusahaan. Sebab, sales adalah pihak yang bertanggung jawab secara langsung atas penjualan produk dan layanan dari suatu perusahaan.

Dalam tugasnya, sales berhubungan langsung dengan calon pembeli dengan menggunakan pendekatan tertentu untuk memengaruhi mereka agar membeli produk yang ditawarkan. Dengan begitu, sales mampu memenuhi target penjualan yang ditetapkan sebelumnya.

Lantas, apa yang sebenarnya disebut sebagai sales dan apa saja tugas dan tanggung jawabnya?

Pengertian Sales

Sales adalah suatu pekerjaan yang sangat berkaitan dengan penjualan. Mengutip dari HubSpot, sales adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan penjualan barang atau jasa. Dalam setiap perusahaan, seluruh penjualan produk maupun layanannya menjadi tanggung jawab tim sales.

Sales umumnya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Pasalnya, seorang sales harus mampu memengaruhi calon konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkannya untuk memenuhi target penjualan. Apabila target penjualan telah tercapai, sales akan mendapat imbalan berupa komisi atau bonus.

Tugas dan Tanggung Jawab Sales

Pada dasarnya, sales bertanggung jawab atas penjualan produk maupun layanan dari sebuah perusahaan. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa tugas dan tanggung jawab sales secara lebih detail.

Meningkatkan Penjualan

Salah satu tugas utama sales adalah untuk meningkatkan penjualan. Dalam hal ini, seorang sales bertugas untuk mendekati calon pelanggannya dengan menggunakan pendekatan tertentu untuk menawarkan produk atau layanannya.

Melakukan Customer Acquisition

Pada dasarnya, customer acquisition adalah suatu strategi yang dilakukan perusahaan untuk menarik pelanggan baru. Seorang sales juga harus bertanggung jawab untuk melakukan customer acquisition, seperti melakukan cold-emailing, cold-calling dan lain sebagainya.

Customer Retention

Sales juga bertugas untuk mempertahankan pelanggan agar tetap loyal menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan. Hal inilah yang dinamakan dengan customer retention.

Membantu Perkembangan Bisnis

Setiap sales memiliki target penjualan tersendiri yang biasanya selalu naik pada tiap periode. Sales bertugas untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya dengan memenuhi target penjualan yang telah ditetapkan.

Jenis-Jenis Sales

Mengutip dari The Balance Careers, sales terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari sales representative, sales management, sales administrative, account executive hingga executive-level management. Berikut adalah penjelasan selengkapnya dari kelima jenis sales tersebut.

Sales Representative

Sales representative adalah tingkatan paling dasar dari sebuah tim sales. Sales representative juga biasa disebut sebagai garda terdepan dalam proses penjualan. Beberapa sebutan lain yang digunakan untuk sales representative adalah agen penjualan, account representative, advertising representative, brand ambassador dan lain sebagainya.

Sales Management

Sales manager bertugas untuk memimpin tim sales pada suatu perusahaan dengan membawahi beberapa orang sales representative. Umumnya, mereka akan menetapkan tujuan dan menganalisa penjualan yang dicapai.

Sales Administrative

Sales administrative adalah tim sales yang membantu dalam hal administratif, seperti mengurus izin perjalanan, menyiapkan quotation, hingga melakukan perhitungan dan pengurusan bonus yang diberikan kepada pelanggan tetap.

Selain itu, mereka juga biasanya bertugas untuk menjembatani tim sales dan tim marketing. Beberapa sebutan lain yang biasa digunakan untuk sales administrative, seperti business development representative, enterprise representative, financial assistant, dan industry representative.

Account Executive

Account executive adalah posisi yang setara dengan sales manager. Tugas utama seorang AE adalah menciptakan dan mempertahankan relasi antara pihak perusahaan dengan kliennya.

Seorang AE juga harus memahami pengetahuan dan pemahaman terutama mengenai tren industri. Tujuannya adalah agar AE dapat menjalin hubungan yang baik dengan setiap pelanggan dengan adanya pengetahuan tersebut.

Executive-Level Management

Executive-level management adalah pihak yang bertugas untuk menentukan dan mengarahkan tujuan utama penjualan dari suatu perusahaan. Mereka bertangung jawab dalam merancangkan rencana pemasaran hingga membuat rencana yang berhubungan antara pihak perusahaan dengan pelanggan.

Nah, itulah penjelasan mengenai sales mulai dari pengertian, tugas dan tanggung jawab, serta jenis-jenisnya. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sales adalah pihak yang bertanggung jawab atas penjualan produk atau layanan dari suatu perusahaan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again