Seri Galaxy A Kedatangan Anggota Keluarga Baru, Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus

Meski relatif sama, tapi keduanya punya perbedaan di beberapa bagian

Kehadiran Samsung Galaxy A6 sudah terendus sejak beberapa waktu yang lalu. Rumornya seolah terjawab ketika Samsung Indonesia – entah sengaja atau tidak – memajang perangkat bersangkutan di situs resminya, walaupun kini sudah tidak bisa lagi diakses oleh publik. Tak lama kemudian Samsung secara resmi mengumumkan kedatangan Galaxy A6 dan saudanya, A6 Plus melalui situs SamsungMobilePress.com, situs global resmi yang kerap dipergunakan untuk mengumumkan produk-produk anyarnya.

Duo Samsung Galaxy A6 adalah smartphone kelas menengah terbaru di bawah seri Galaxy A dan keduanya menawarkan komponen kamera yang cukup menjanjikan. Mirip dengan Galaxy A8 dan A8 +, keduanya datang dalam dua ukuran, yakni 5.6 inici dan 6.0 inci.

Langsung saja kita ulas spesifikasinya, kedua varian membawa layar Super AMOLED Infinity Displays yang dipinjam dari seri Samsung Galaxy S. Model pertama, Galaxy A6 mendapatkan panel 5,6 inci dengan kualitas layar HD+ (720x1480 piksel), sedangkan Galaxy A6 Plus dapat bekal layar lebih baik di resolusi Full-HD+ (1080x2220 piksel) selebar 6 inci. Rasio keduanya cukup tinggi, di 18,5: 9. Ini rasanya untuk menjawab tuntutan pengguna kekinian.

Geser ke internal, Galaxy A6 mendapatkan bekal prosesor octa-core dengan kecepatan 1.6GHz, sedangkan Galaxy A6 Plus dengan jumlah inti yang sama octa-core tapi mampu berlari lebih cepat, di 1.8GHz. Penyimpanan internal keduanya dibatasi di 32GB, tapi kapasitas RAM-nya dibedakan jadi dua opsi, 3GB untuk Galaxy A6 dan 4GB untuk Galaxy A6 Plu. Namun keduanya dipastikan memperoleh dukungan Bixby untuk membantu tugas-tugas harian sederhana.

Setelah dari jeroan, kita ke bagian optik, di mana kedua smartphone punya senjata yang berbeda. Samsung Galaxy A6 dilengkapi dengan kamera belakang single beresolusi 16 MP, bukaan f/1.7 dan kamera depan 16MP dengan bukaan f/1.9. Sejumlah piranti lunak juga dibenamkan guna menambah kemampuan kedua kameranya.

Sementara itu, Samsung Galaxy A6 Plus sedikit lebih menarik karena mendapatkan pengaturan kamera belakang ganda dengan sensor utama 16MP, bukaan f/1.7 dan sensor ekstra beresolusi 5MP dengan bukaan f/1.9. Kemudian di bagian depan, A6 Plus mendapat sensor 24MP dengan dukungan untuk Live Focus dan Bokeh Effect. Jadi, bagi yang menggilai fotografi khususnya selfie, semestinya tahu harus memilih yang mana.

Menurut Samsung, Galaxy A6 dan A6 Plus akan tersedia mulai awal Mei di pasar Eropa, Asia dan Amerika Latin tertentu. Tapi tentunya mereka juga akan diluncurkan nanti di pasar lain seperti Korea Selatan, Afrika dan Tiongkok. Sejauh ini belum ada informasi resmi berapa harga jual keduanya.

Spesifikasi Teknis Samsung Galaxy A6

 

Spesifikasi Teknis Samsung Galaxy A6 Plus

Sumber berita SamsungMobilePress.