3 November 2016

by Bambang Winarso

Samsung Galaxy S8 Boyong Asisten Digital Baru Bernama Bixby?

Bixby jadi teknologi asisten digital ketiga yang dipunyai Samsung setelah S Voice dan Viv

Samsung sedang getol menggenjot pengembangan Galaxy S8 menyusul kegagalan Galaxy Note 7. Sejumlah teknologi terbaru dipersiapkan termasuk rumor soal dukungan layar 4K dan konfigurasi kamera ganda. Yang terbaru, raksasa Korea Selatan itu dikabarkan mengantongi paten baru yang berhubungan dengan teknologi asisten digital bernama Bixby. Kendati tak disebutkan untuk Galaxy S8, namun melihat pola dan juga rentang waktunya, dugaan ke arah itu lebih dapat diterima.

Dalam dokumen paten tersebut Bixby dideskripsikan sebagai piranti lunak komputer untuk manajemen informasi personal, untuk smartphone, mobiletelephone, komputer portabel dan tablet yang digunakan untuk mengoperasikan sistem pengenalan suara. Dengan kata lain, Bixby memungkinkan pengguna memberikan perintah melalui input suara seperti halnya S Voice yang diadopsi smartphone Galaxy selama ini.

Dengan demikian, jelas bahwa Bixby adalah teknologi kecerdasan buatan yang dipersiapkan untuk perangkat-perangkat terbaru Samsung berikutnya, menggantikan S Voice assistant. Fungsinya tak berbeda dengan Google Assistant, Siri, Cortana dan juga Google Now.

Menariknya, beberapa saat yang lalu Samsung juga telah mengakuisisi sebuah startup yang mengembangkan teknologi serupa bernama Viv. Dengan demikian, kini Samsung mempunyai tiga teknologi asisten digital yang kemungkinan bakal menjalani proses seleksi sebelum dibenamkan. Atau mungkin Samsung punya rencana menggabungkan ketiganya menjadi sebuah personal asisten mutakhir demi menyaingi teknologi serupa milik para kompetitor.

Viv sendiri adalah asisten personal yang dibangun dengan teknologi kecerdasan buatan kreasi Dag Kittlaus, Adam Cheyer dan Chris Brigham. Tiga tokoh ini bukan orang asing di ranah ini, mereka adalah sosok yang berada di balik lahirnya Siri, teknologi asisten virtual yang kini dipunyai Apple. Meski lahir dari “bapak” yang sama, tetapi Viv diklaim sebagai teknologi asisten yang lebih baik dan lebih punya kemampuan ketimbang Siri.

Sumber berita PhoneArena dan header ilustrasi Galaxy S7.