Categories

Gadget

Samsung Gulirkan Update Android Oreo untuk Galaxy A5 (2017)

Baru kawasan Rusia dan Rumania yang kebagian jatah

Bambang Winarso - 19 April 2018

Ada kabar baik bagi pengguna Samsung Galaxy A5 (2017) nomor model SM-A520F. Pasalnya, Samsung baru saja secara resmi meluncurkan update Android Oreo untuk perangkat bersangkutan, meskipun untuk saat ini baru dua negara yang dijangkau, Rusia dan Rumania. Namun kedatangan update ini menjadi awal yang baik, karena kemungkinan besar cepat atau lambat pengguna Samsung Galaxy A5 (2017) di negara lain juga bakal ikut merasakannya.

Ada sejumlah peningkatan yang dihadirkan oleh Samsung di versi ini selain Samsung Experience 9.0 yang lebih menarik. Yang pertama, Samsung menghadirkan peningkatan keyboard dan juga Bixby. Piranti lunak keyboard disebut menawarkan beberapa mode High Contrast, toolbar baru di atas baris angka, dukungan GIF, stiker dan juga shortcut emoji. Sementara itu panel pengaturan dibuat lebih sederhana namun memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik.

Bixby, selain mendapatkan kemampuan memutar musik di latar belakang juga mempunyai dashboard baru dengan kartu  yang bisa dimodifikasi. Samsung juga menambahkan opsi pembuatan shortcut ke Samsung Cloud dan Finder yang lebih cepat.

Samsung juga menghadirkkan Color Lens yang diletakkan di menu Accessibility atau Aksesibilitas. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur warna untuk layar sehingga terasa lebih nyaman untuk mata. Beberapa opsi yang tersedia antara lain, warna kuning, oranye, merah muda, magenta dan banyak lagi lainnya.

Kemudian berdasarkan screenshot yang diunggah oleh pengguna yang sudah kebagian jatah. Pembaruan Android Oreo juga meningkatkan keamanan sensor biometrik, di mana fitur sensor wajah dan iris hanya akan diaktifkan ketika pengguna mengaktifkan fitur pengaman layar (pola, pin dan kata sandi). Sebaliknya, sensor akan mati jika pengguna beralih ke pengunci layar standar seperti swipe atau tidak sama sekali.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada kejelasan kapan pembaruan Android 8.0 Oreo bakal digulirkan ke negara lain.

Sumber berita GSMArena dan gambar header ilustrasi Android Oreo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter