Categories

Gadget

Samsung HMD Odyssey+ Benahi Kekurangan Pendahulunya dengan Teknologi Anti-Screen Door Effect

Rasa mual jadi lebih minim, dan resolusi display pun tampak lebih tajam

Glenn Kaonang - 23 October 2018

Setahun yang lalu, Samsung resmi memperkenalkan headset Windows Mixed Reality-nya, HMD Odyssey. Tanpa harus menunggu lama, kita sudah kedatangan suksesornya. Dijuluki HMD Odyssey+, perubahan yang dibawa tergolong minor, akan tetapi masih cukup signifikan dampaknya, terutama dari segi kenyamanan.

Desainnya nyaris tidak berubah, dan ukuran display-nya pun tidak lebih besar. Odyssey+ masih mengusung dua panel AMOLED, masing-masing dengan ukuran 3,5 inci dan resolusi 1440 x 1600 pixel per mata. Yang berbeda adalah kehadiran teknologi Anti-Screen Door Effect (Anti-SDE).

Screen door effect merupakan 'penyakit' umum yang menjangkiti banyak head-mounted display (HMD) dan VR headset. Penyebabnya adalah celah yang memisahkan tiap-tiap pixel, yang kelihatan ketika dilihat dari jarak dekat. Rasa mual yang timbul setelah mengenakan VR headset biasanya diakibatkan oleh problem ini.

Samsung percaya teknologi Anti-SDE yang diterapkannya dapat meminimalkan masalah ini. Ketika garis-garis pemisah pixel itu jadi tidak terlihat, resolusi layar pun bakal tampak lebih tajam. Dalam kasus Odyssey+, Samsung bilang kepadatan pixel-nya naik dua kali lipat menjadi 1.233 ppi, meski secara teknis resolusinya sebenarnya masih sama.

Peningkatan kenyamanannya turut didukung oleh bobot perangkat yang sedikit lebih ringan di angka 590 gram. Ruang untuk menempatkan matanya pun juga lebih lebar (146 mm), dan Samsung pun tak lupa menyematkan bantalan muka dengan material yang breathable guna mencegah bagian mata ini jadi berkabut.

Posisi headband, display dan inter-pupillary distance (IPD) semuanya bisa diatur pada Odyssey+ demi menyesuaikan dengan bentuk kepala tiap-tiap pengguna. Selebihnya, Odyssey+ masih sama seperti pendahulunya, lengkap dengan tracking inside-out (tanpa sensor eksternal), 6DoF controller yang bisa digunakan sebagai senter, dan headphone AKG dengan distribusi 360 derajat dan dukungan audio 3D.

Di Amerika Serikat, Samsung HMD Odyssey+ telah dipasarkan seharga $500, sama seperti harga pendahulunya saat pertama diluncurkan.

Sumber: Samsung.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter