10 January 2014

by Bambang Winarso

Samsung Jajaki Pemindai Mata Untuk Galaxy S5 dan Siapkan Galaxy Gear Generasi Baru

Samsung Galaxy S4 bisa dikatakan sebagai perangkat paling canggih yang pernah diproduksi oleh Samsung, meskipun dianggap miskin dalam hal desain karena terlalu mirip dengan pendahulunya, tetapi Galaxy S4 tetap menjadi primadona dan mendatangkan keuntungan yang tak sedikit.

Tingkat kecanggihan yang diboyong oleh Galaxy S4 memicu serangkaian pertanyaan perihal perangkat apa yang akan menjadi suksesornya di tahun 2014 ini. Sebagai salah satu vendor raksasa tentu Samsung harus kembali melahirkan produk baru tahun ini, karena beberapa pesaingnya seperti Apple dipastikan punya amunisi baru.

Tebakan terbaik adalah lahirnya Galaxy S5 yang sempat dikabarkan siap rilis antara bulan Maret hingga April 2014 mendatang, rumor tersebut diamini oleh Lee Young Hee selaku wakil presiden bisnis mobile Samsung dalam sebuah wawancara bersama Bloomberg, 6 Januari lalu di sela-sela perhelatan CES 2014 yang digelar di Las Vegas.

 

Info Menarik: Gamepad Buatan Samsung Resmi Diluncurkan, Mendukung Android 4.1 dan Bluetooth

 

Lee Young Hee mengatakan, "Kami telah mengumumkan lini produk pertama di paruh pertama setiap tahunnya, antara Maret dan April, dan kami masih berusaha untuk merilis produk baru di sekitar waktu tersebut."

Kehadiran Samsung Galaxy S5 di bulan April nanti barangkali bukan kejutan lagi, sebagaimana disebutkan oleh Lee Young Hee, waktu tersebut sudah menjadi tradisi Samsung. Kejutan sebenarnya ada pada fitur yang dibawa, di mana kabarnya akan memboyong fitur sensor pemindai mata. Jika benar adanya maka ini merupakan terobosan yang akan menjadi kado indah untuk penggemar Samsung sekaligus akan jadi amunisi ampuh untuk menghentikan kejaran iPhone.

Selain bersaing dengan fitur yang ada di iPhone, teknologi ini juga bisa jadi amunisi bagi Samsung untuk mempromosikan Galaxy S5. Seperti halnya Touch ID-nya Apple, sensor pemindai mata nantinya memungkinkan pengguna untuk mengakses smartphone mereka.

 

Info Menarik: Samsung Resmi Umumkan Galaxy Note Pro dan Tiga Varian Galaxy Tab Pro

 

Lee membenarkan berita tersebut, sayangnya sensor pemindai mata ini baru dalam proses pengujian, bahkan Lee sendiri belum dapat memastikan apakah teknologi ini bisa diterapkan di Galaxy S5 atau tidak. Selain itu Lee juga memastikan bahwa Galaxy S5 akan mendapatkan partner yang tak kalah ciamik yaitu suksesor Galaxy Gear, yang diklaim akan dibekali fungsi baru dan sentuhan desain baru.

Dari segi spesifikasi, Samsung Galaxy S5 dikabarkan hadir dalam dua varian. Varian pertama berbahan plastik sebagaimana seri Galaxy S sebelumnya, sementara varian kedua menggunakan bahan logam dan mendapatkan suntikan senjata berupa teknologi layar lengkung seperti halnya Galaxy Round.

Galaxy S5 juga disebut-sebut akan memiliki layar berukuran 5 inci, prosesor quad core 64 bit, memori RAM sebesar 3 GB, baterai berkapasitas 4000 mAh, serta kamera belakang dengan resolusi 16 megapiksel.

Persaingan Apple dan Samsung hampir pasti akan memanas di tahun 2014 ini, kedua perusahaan siap menggebrak dengan senjata rahasianya masing-masing. Sekarang pertanyaannya, siapkah Anda menerima teknologi canggih dari keduanya?

Sumber berita Bloomberg.