25 January 2017

by Bambang Winarso

Samsung Siapkan Smartphone Berbasis Tizen 3.0?

Oleh internal, smartphone berbasis Tizen 3.0 dinamai dengan Pride

Samsung punya visi yang cukup ambisius untuk platform Tizen mereka, di samping secara konsisten melahirkan perangkat dengan sistem operasi Android. Untuk menciptakan ekosistem yang kokoh, Samsung sudah memulai dengan sangat baik melalui peluncuran sejumlah perangkat di kategori yang berbeda, termasuk smartphone. Salah satu jajaran smartphone Samsung yang sudah mengadopsi Tizen OS adalah Samsung Z1 dan Z2 yang cukup dapat terima oleh konsumen di sasaran pasarnya.

Tak sampai di situ, Samsung diyakini akan terus mendorong adopsi Tizen secara lebih masif dengan mempersiapkan perangkat baru terutama untuk pasar berkembang seperti India, Nigeria, Bangladesh dan mungkin saja Indonesia. Buktinya Z1ย Z2 sudah bisa dijumpai di sini.

Menurut lansiran SamMobile, Samsung sudah mulai mengembangkan smartphone pertama yang akan mengadopsi Tizen OS versi 3.0. Diberi nomor model SM-Z250F, secara internal smartphone diberi nama Pride, dan akan mengikuti jejak pendahulunya, Z2 menyasar pasar-pasar berkembang. Yang menarik, Samsung juga sudah mempersiapkan teknologi kendali suara berbasis Tizen dengan fungsi yang serupa dengan platform lainnya. Sayangnya tak banyak bocoran yang menyebutkan soal spesifikasi Samsung Pride ini.

Sejalan dengan apa yang sudah mereka awali, Samsung pun diyakini bakal lebih serius menggarap segmen berbeda meliputi smartwatch, pencatat kebugaran dan televisi yang menggunakan sistem operasi Tizen OS.

Sumber berita SamMobileย dan gambar header Tizen.