10 April 2013

by Iqbal Farabi

Samsung Umumkan Ketersediaan dan Harga Resmi Galaxy Note 8.0

Galaxy Note 8.0 pertama kali diperkenalkan oleh Samsung di ajang MWC 2013 pada akhir Februari lalu. Saat itu, saya sendiri bertanya-tanya bagaimana Samsung akan memposisikan Galaxy Note 8.0 di antara beragam line up produk Samsung yang sudah ada, utamanya dalam soal penentuan harga. Hal ini mengingat positioning Galaxy Note 8.0 yang berada di antara tablet dan phablet dari segi ukuran dan spesifikasi.

Akhirnya pertanyaan tersebut terjawab. Baru-baru ini Samsung mengeluarkan rilis pers yang memastikan harga resmi Galaxy Note 8.0. Berdasarkan rilis pers yang kami kutip dari situs Android Central, Galaxy Note 8.0 di Amerika Serikat akan dibanderol dengan harga $399 tanpa skema kontrak dengan operator. Dengan demikian, harga ini berada sedikit di atas tablet-tablet 7 inchi milik Samsung dan cukup jauh di bawah phablet Galaxy Note II.

Sementara dari segi spesifikasi teknis, tidak ada yang berubah dari spesifikasi yang pernah dirilis di artikel-artikel sebelumnya. Galaxy Note 8.0 akan dilengkapi dengan prosesor berinti empat dengan kecepatan 1,6 GHz, memori RAM sebesar 2 GB, dan kapasitas penyimpanan internal sebesar 16 GB. Untuk kamera, Galaxy Note 8.0 menggunakan kamera belakang beresolusi 5 megapiksel dan kamera depan beresolusi 1,3 megapiksel. Terakhir, Galaxy Note 8.0 menggunakan baterai berkapasitas cukup besar, 4.600 mAh. Mengingat harga yang ditawarkan, saya sendiri menganggap spesifikasi ini salah satu yang terbaik di kelasnya.

Galaxy Note 8.0 akan mulai tersedia di pasar Amerika Serikat mulai tanggal 11 April nanti. Meski belum ada keterangan mengenai ketersediaan perangkat ini di pasar lain, saya sangat yakin bahwa perangkat ini nantinya akan juga masuk ke pasar Indonesia. Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

 

Sumber: Android Central.