1. Lifestyle

Sebuah Sekolah di Swedia Memasukkan Minecraft Sebagai Mata Pelajaran Wajib

Sebuah sekolah bernama Viktor Rydberg di Swedia membuat kehebohan dengan memasukkan permainan Minecraft sebagai mata pelajaran wajib bagi siswa berusia 13 tahun. Dilansir oleh situs berita The Local, Monica Eckman, guru di Viktor Rydberg menyatakan, "[Dengan Minecraft] para siswa belajar tentang perencanaan kota, isu lingkungan hidup, bagaimana menyelesaikan pekerjaan, bahkan mereka juga belajar bagaimana melakukan perencanaan untuk masa depan".

Menurut The Local, ide ini dimulai dari sebuah kompetisi bernama "Kota Masa Depan" yang dilombakan antar sekolah di Swedia. Dalam kompetisi ini, sekolah-sekolah di Swedia diajak untuk mengumpulkan proposal tentang bagaimana membuat masa depan yang lebih baik. Guru-guru di Viktor Rydberg kemudian membuat ide untuk mengajak para siswa membuat kota masa depan yang lebih baik di permainan Minecraft.

Para siswa di Viktor Rydberg sendiri sepertinya menikmati metode yang tidak konservatif ini. Ketika diwawancara oleh televisi lokal, Sveriges Television, seorang siswa bernama Amanda Hillstrom mengatakan, "[Dengan Minecraft] kamu belajar bagaimana hal-hal bekerja karena [di permainan ini] kamu benar-benar mencoba untuk membuat sesuatu".

Minecraft sendiri memang sangat populer dan membuka peluang untuk proyek kreatif lainnya. Misalnya saja pada akhir November lalu, bekerja sama dengan 13th Lab, Minecraft meluncurkan aplikasi Minecraft Reality untuk ponsel pintar dimana dengan aplikasi ini pengguna bisa menempatkan objek-objek yang dibuat di permainan Minecraft bersama dengan objek-objek di dunia nyata melalui kamera ponselnya.

Meskipun demikian, baru kali ini permainan Minecraft digunakan sebagai alat bantu pendidikan. Ekman mengakui bahwa awalnya beberapa orang tua siswa tidak setuju dengan ide ini. Namun akhirnya program ini dirasa sukses oleh sekolah dan akan dipertimbangkan untuk dilakukan lagi di masa depan.

 

Sumber: The Local, Gambar: Moddb.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again