Categories

Gadget

Sejago Apa Kamera Huawei Nexus 6P? Berikut Sampelnya

Glenn Kaonang - 1 October 2015

Kemarin kita sudah melihat smartphoneflagship terbaru Google, yakni Nexus 6P yang dibuat oleh Huawei. Selain desain serba logam yang tampak premium dan performa gahar, salah satu fitur yang diunggulkan adalah kemampuan fotografi yang mengesankan.

Di atas kertas, kamera belakang Nexus 6P mengemas sensor beresolusi 12,3 megapixel. Resolusinya memang tidak seberapa jika dibandingkan dengan kamera smartphoneflagship lainnya, namun seperti yang kita tahu, resolusi bukan segalanya dalam menilai kualitas sebuah kamera.

Di sini Nexus 6P mengandalkan ukuran tiap-tiap pixel yang lebih besar daripada biasanya, tepatnya 1,55 mikron. Secara teori, ukuran pixel yang lebih besar dapat menghasilkan gambar lebih jernih di kondisi minim cahaya. Dipadukan dengan lensa f/2.0 dan teknologi laser autofocus, kamera Nexus 6P terdengar sangat menjanjikan.

Hal itu telah dibuktikan oleh para ahli benchmark kamera, DxOMark. Berdasarkan hasil pengujiannya, Nexus 6P menempati posisi kedua dari smartphone dengan kamera terbaik, tepat di bawah Samsung Galaxy S6 Edge. DxOMark mengungkapkan bahwa salah satu kelebihan kamera Nexus 6P adalah kemampuannya mempertahankan detail pada kondisi low-light, dan diklaim sebagai yang terbaik sejauh ini.

Info menarik: Usung Android 6.0 Marshmallow, LG Nexus 5X Resmi Diperkenalkan

Akan tetapi benchmark saja belum bisa membuktikan kemampuan fotografi Nexus 6P secara menyeluruh. Kita juga perlu melihat sampel fotonya secara langsung. Untungnya, ada Romain Guy, karyawan Google yang sempat menjabat sebagai salah satu engineer Android. Beliau membagikan beberapa foto yang ia ambil dengan Nexus 6P.

Foto-foto di atas memang sudah diedit, tapi paling tidak kita bisa melihat bahwa kualitas kamera Nexus 6P sama sekali tidak mengecewakan. Kalau Anda mau melihat foto-fotonya dalam resolusi asli, silakan kunjungi link berikut. Romain Guy memang bukan narasumber netral untuk menjabarkan sejago apa kamera Nexus 6P, akan tetapi beliau merupakan fotografer yang berpengalaman, sehingga pendapatnya patut dipertimbangkan.

Lalu bagaimana dengan kualitas video yang dihasilkan Nexus 6P? Untuk itu kita bisa melihat video yang dibagikan oleh Dave Burke, yang diserahi tugas memperkenalkan Nexus 5X dan Nexus 6P di atas panggung pada acara yang dihelat Google tanggal 29 September kemarin.

Dalam video ini, Dave merekam seekor burung kolibri yang sedang terbang di dekatnya. Seperti yang kita tahu, kepakan burung kolibri hampir tidak bisa dilihat oleh mata manusia. Tapi berkat kemampuan kamera Nexus 6P merekam dalam kecepatan 240 fps itu, kepakan sayapnya bahkan bisa kita hitung jika mau.

Sumber: Android Authority.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter