DScovery

5 Rekomendasi Sekolah Digital Marketing bagi Pemula

Beberapa rekomendasi kursus digital marketing untuk meningkatkan kemampuanmu.

Buat kamu yang ingin belajar digital marketing secara mandiri, kamu bisa memulainya dari konsep dasar, skill wajib, hingga tools digital marketing. Tetapi, kalau kamu masih merasa belum siap terjun di dunia kerja, kamu hanya perlu mencari sekolah khusus untuk belajar lebih dalam tentang digital marketing.

DailySocial akan membagikan informasi lengkap seputar kursus digital marketing yang bisa kamu ikuti kapan saja, di mana saja, dan tentunya sangat terjangkau. Dengan menyimak informasi ini, kamu tak perlu susah payah mencari kursus digital marketing terbaik se-Jakarta, misalnya.

Rekomendasi ini terhitung murah, bahkan banyak di antaranya bisa diakses secara gratis, namun materinya akan sangat berharga. Yuk, langsung simak saja daftarnya!

Google Digital Garage

Kursus dari Google ini sangat cocok bagi pemula karena bisa diikuti secara gratis. Meski gratis, materi yang diberikan tak kaleng-kaleng karena sudah diakreditasi The Open University dan Interactive Advertising Bureau Europe.

Jadi, kamu tak usah ragu dan tinggal mempelajari 26 modul di kelas Fundamental of Digital marketing yang disediakan secara online plus dengan ujian untuk mengukur kompetensimu. Terlebih, kursus ini juga menyediakan sertifikat jika kamu telah menyelesaikan seluruh materi digital marketing yang ada.

Selain Google Digital Garage, kamu juga bisa mengikuti kursus gratis lainnya dari Google yaitu Google Anaytics Academy. Seperti yang kita tahu, Google Analytics merupakan tools paling populer untuk digital marketing, sehingga kamu tak akan rugi jika mengikutinya.

Kursus digital marketing ini juga terhitung murah karena kamu tak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Kamu bisa menyesuaikan level kompetensimu untuk memulai pembelajaran. Jika sudah ahli, kamu bisa mengambil certification test untuk dipajang di CV-mu.

Selain Google, kamu juga bisa mengakses kursus digital marketing secara gratis yang disediakan platform terkemuka lainnya. Seperti Twitter Flight School dari Twitter, Meta Blueprint oleh Facebook, dan YouTube Creator Academy oleh YouTube.

HubSpot Academy

Sebagai salah satu pioneer tools marketing, HubSpot juga menyediakan kursus digital marketing bersertifikat melalui HubSpot Academy. Di sini, kamu akan menemukan banyak sekali jenis kelas digital marketing yang bisa diakses secara gratis, kamu tinggal pilih saja.

Kamu bisa memilih digital marketing secara umum, SEO, email marketing, digital advertising, content, marketing, social media marketing, dan masih banyak lagi. Kamu bisa belajar tentang inbound marketing, atau teknik marketing dengan memanfaatkan SEO, media sosial, dan konten digital lainnya secara terpadu.

SEMRush Academy

Selain HubSpot, SEMRush yang didapuk sebagai tools digital marketing terlengkap juga menyediakan kursus online gratis untuk mempelajari digital marketing melalui SEMRush Academy. Jika kamu mengikuti kursus SEMRush ini, kamu bakal menemui materi yang juga sama lengkapnya dengan yang disediakan HubSpot.

Ketika kamu mengikuti SEMRush Academy, kamu juga bisa latihan belajar menggunakan fitur-fitur dari SEMRush sehingga kamu tak bingung lagi ketika menggunakan tools SEMRush. Pastikan kamu menyelesaikan materi yang ada dan mengambil sertifikat agar dapat dipajang di CV.

The Complete Digital Marketing – Udemy

Bukan belajar online namanya kalau tidak mempertimbangkan kursus digital marketing dari Udemy. Sudah sejak lama platform tersebut dipercaya untuk meningkatkan kemampuan diri. Untuk mempelajari digital marketing, kamu bisa mempelajari modul The Complete Digital Marketing Courseyang dibuat Rob Percival dan Daragh Walsh.

Kamu akan mendapat penjelasan lengkap dari 12 praktik marketing paling umum dijalankan, seperti SEO, email marketing, copywriting hingga pembahasan tentang tools marketing seperti Google Analytics, Facebook Ads, dan seterusnya.

Tentu saja, kamu akan mendapat sertifikat setelah menyelesaikan seluruh materi. Akan tetapi, kamu harus sedikit mengeluarkan biaya untuk dapat mempelajari materi di kursus ini.

Kursus Digital Marketing di Indonesia

Kamu kesulitan belajar menggunakan Bahasa Inggris? Tenang saja. Kami masih punya rekomendasi kursus digital marketing dari akademi atau platform edukasi lokal. Daftar ini boleh dibilang kursus digital marketing terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini.

Yang pertama yaitu, Skill Academy by Ruangguru. Platform ini menjadi alternatif yang sangat murah karena sudah terintegrasi dengan program pemerintah. Jadi, kamu tak perlu pusing mengeluarkan biaya lagi untuk belajar digital marketing di platform ini karena kamu bisa menggunakan saldo dari Kartu Prakerja.

Kamu bisa memulainya dengan mempelajari kelas dari M. Ilman Akbar yang membahas content marketing dan content writing dan SEO. Tentu saja, platform pelatihan nomor satu di Indonesia ini akan memberikanmu sertifikat setelah menyelesaikan materi.

Kedua adalah kursus digital marketing dari Niagahoster bertajuk Niagahoster Course. Platform web hosting ternama di Indonesia tersebut juga menyediakan materi digital marketing secara gratis untuk kamu. Semua materi di sini sangat cocok dipelajari oleh pemula, mulai dari SEO, Facebook Ads, hingga cara menjadi freelancer affiliate.

 

Itu adalah kumpulan rekomendasi sekolah digital marketing bersertifikat yang bisa diakses secara gratis. Kamu pasti tergiur kan untuk mempelajarinya? Kalau belum puas dengan materi di satu platform, kamu bisa saja memperkayanya di platform yang lain. Selamat belajar!

Sumber gambar header: iStock Photo

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again