Layanan aplikasi chattingBBM belum lama ini menghadirkan beberapa pembaruan yang cukup signifikan untuk penggunanya. Beberapa pembaruan yang disuguhkan meliputi permobakan antar muka, penambahan chatbot API, sistem analitik untuk mitra, serta beberapa fitur lain untuk kebutuhan personalisasi pengguna. Saat ini pembaruan tersebut sudah bisa dinikmati oleh pengguna baik di platform iOS ataupun Android.

Salah satu yang paling menarik dari pembaruan BBM adalah dihadirkannya chatbot API. Kemampuan baru ini dikembangkan dalam fitur Channel Chat yang dikelola oleh mitra. Sebelumnya ketika pengguna berlangganan pada suatu channel di BBM, dan ingin menghubungi pengelolanya, hanya bisa dilakukan melalui telepon. Dengan chatbot, kini ragam pertanyaan yang diberikan dalam suatu channel dapat dijawab dalam metode chat, secara otomatis.

[Baca Juga: Chatbot Akan Menjadi Fokus Inovasi yang Signifikan]

“Hadirnya chatbot API memberikan kemudahan kepada pemilik BBM channel kesempatan untuk membawa interactive software chatbot mereka sendiri ke dalam BBM agar dapat bercakap-cakap dengan pelanggan. Kami yakin fitur ini akan menjadi cerita besar di tahun 2017,” ujar CEO BBM Matthew Talbot.

Selain chatbot API, BBM kini dapat diintegrasikan ke Google Analytics untuk memudahkan mitra pengguna mendapatkan matriks dari engagement. Memungkinkan para mitra dapat dengan mudah melacak dan melihat trfik mereka, termasuk jumlah unique users, returing users, dan sebagainya.

Menuju all-in-one chatting platform

Sebelumnya BBM gencar meluncurkan tambahan dalam aplikasinya. Mulai dari BBM Discovery yang dikembangkan bersama KMK Online, bagian dari bisnis EMTEK. Kemudian BBM juga menghadirkan sistem pembelian pulsa dan token PLN untuk pengguna di Indonesia, layanan e-commerce hingga reservasi perjalanan yang didesain bersama Reservasi.com.

[Baca Juga: BBM Kian Gencar Tambahkan Konten Aplikasi di Platformnya]

Untuk itu memang sudah selayaknya BBM pun turut memfasilitasi mitranya, sebagai penyedia layanan dan produk dalam aplikasi, untuk melakukan proses produksi –seperti yang sedang dilakukan, yakni dengan mengoptimalkan chatbot dan fitur analisis.

Pembaruan untuk pengguna personal

Tampilan baru yang diklaim menjadi lebih ramping dihadirkan dalam pembaruan kali ini. Beberapa perombakan meliputi bagian ikon, pemindahan beberapa navigasi menu, pembubuhan PIN dalam penggantian foto, hingga fitur untuk pengaturan notifikasi. Setelah sebelumnya BBM menghadirkan fitur registrasi melalui nomor ponsel, kini kemampuan tersebut ditambah, pengguna sudah bisa melakukan pengaturan profil secara penuh dengan kunci primer menggunakan nomor ponsel. Termasuk ketika ingin memperbarui kata sandi.

BBM juga menghadirkan fitur pelaporan spam pada permintaan pertemanan. Hal ini untuk menindaklanjuti laporan dari pengguna yang seringkali mendapatkan permintaan pertemanan “random” di aplikasi mereka. Untuk meminimalkan persebaran akun bodong, fitur ini akan dioptimalkan.

BBM - Free Calls & Messages
by BlackBerry Limited.