1. DScovery

Seluk Beluk Tipe Kepemimpinan Transformasional

Cenderung menekankan visi yang jelas, serta membangun relasi yang kokoh di dalam organisasi

Peran seorang pimpinan tentu sangat krusial dalam keorganisasian, baik itu organisasi bisnis, sosial, masyarakat, maupun organisasi lainnya. Kepemimpinan memiliki ragam tipe, dan salah satu yang cukup sering diadaptasi adalah tipe “kepemimpinan transformasional”. Apa definisi dari tipe kepemimpinan ini dan seperti apa ciri serta penerapannya? Di artikel ini kita akan membahasnya secara komprehensif.

Definisi kepemimpinan transformasional

Secara definitif, pada dasarnya kepemimpinan transformasional adalah gaya atau tipe kepemimpinan yang menginspirasi, dan memotivasi para anggota untuk bersama-sama mencapai hasil yang melewati ekspektasi, melalui inovasi dan perubahan signifikan. Pemimpin tipe ini tidak cuma melakukan pengarahan, namun juga kerap membangun hubungan dan semangat kolaborasi yang kuat di antara anggota tim.

Karakter kepemimpinan transformasional

Bicara soal karakter, pemimpin transformasional dipandang memiliki karakter yang berciri khas, di antaranya mereka memiliki visi yang jelas tentang pandangan yang disampaikan secara gamblang dan baik kepada anggota tim. Kemudian pemimpin ini juga kerap dipandang sebagai pemimpin yang inspiratif, pendengar yang baik, serta mendorong pemberdayaan yang kuat untuk menciptakan inisiatif dalam pembuatan keputusan.

Dari karakteristik tersebut, kepemimpinan transformasional memberikan ragam manfaat. Seperti misalnya, mampu meningkatkan produktivitas yang optimal, menciptakan inovasi di lingkungan, serta yang terpenting adalah membangun loyalitas dan tingkat komitmen yang tinggi di antara anggota tim.

Salah satu contoh kepemimpinan transformasional yang termahsyur bisa kita simak contohnya dalam dunia bisnis kepiawaian Steve Jobs dalam memimpin perusahaan Apple. Steve Jobs dikenal memiliki visi yang tajam, dan meramu inspirasi jitu yang kerap “diagungkan” oleh timnya. Alhasil, Apple dikenal sebagai perusahaan yang memiliki inovasi yang tinggi dalam pengaruhnya mendorong kemajuan industri teknologi secara keseluruhan.

Kepemimpinan transformasional secara harfiah memiliki perbedaan yang cukup kentara terhadap kepemimpinan transaksional. Pemimpin transformasional dari karakteristiknya condong memiliki fokus untuk berinovasi, serta membawa perubahan yang maksimal. Sementara itu, pemimpin transaksional, lebih cenderung berorientasi pada bobot tugas dan rutinitas yang terjadi di dalam organisasi. Seperti misalnya, pada gaya kepemimpinan transaksional, kerap terjadi pertukaran tugas langsung antara pimpinan dan anggota. Semacam metode “beli putus”, penugasan selesai, akan diganjar oleh imbalan.

Kesimpulannya, kepemimpinan transformasional merupakan salah satu gaya atau tipe kepemimpinan yang dipandang efektif dalam membawa arah organisasi dalam menghadapi tantangan dan perubahan yang dinamis. Melalui karakternya yang cenderung inspiratif, kerap memotivasi, dan alokasi pemberdayaan yang maksimal, pemimpin tipe ini dipercaya mampu membawa hasil yang luar biasa bagi organisasi secara keseluruhan. Jadi, bagi Anda yang ingin menjadi pemimpin tipe ini, mari mulai terapkan visi yang tajam, jelas, dan mulai bangun relasi yang kokoh dengan tim Anda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again