1. Entrepreneur

7 Platform SEO Tools Pendukung Bisnis, Bantu Optimasi Website Anda

Apakah Anda mencari platform SEO untuk bisnis Anda? Ini dia rekomendasi platform SEO tools untuk bantu performa website Anda

SEO atau Search Engine Optimization merupakan pengoptimalan mesin pencarian dan merupakan proses yang digunakan untuk mengoptimalkan konfigurasi teknis situs web, relevansi konten, dan popularitas tautan sehingga lamannya dapat ditemukan dengan mudah, lebih relevan, dan populer terhadap penelusuran pengguna, dan akibatnya, mesin telusur memberi peringkat yang lebih baik pada situs web Anda dalam pencarian.

Secara sederhana, SEO berarti proses meningkatkan situs web Anda untuk menaikkan visibilitasnya di Google, Microsoft Bing, dan mesin pencari lainnya setiap kali orang mencari, misalnya produk yang Anda jual, layanan yang Anda berikan, informasi tentang topik di mana Anda memiliki keahlian dan/atau pengalaman mendalam.

Semakin baik visibilitas halaman Anda dalam hasil pencarian, semakin besar kemungkinan Anda ditemukan dan diklik oleh pengguna. Pada akhirnya, tujuan pengoptimalan mesin telusur adalah untuk membantu menarik pengunjung situs web yang akan menjadi pelanggan, klien, atau pengguna yang terus datang kembali.

Penggunaan tools SEO untuk bisnis sudah semakin marak digunakan di era teknologi saat ini. Sudah menjadi kewajiban sebuah bisnis yang ingin bisnisnya terus berkembang bahkan bertahan dalam persaingan pasar. Hal inilah yang membuat tools SEO untuk enterprise menjadi penting. Bahkan dengan treatment dan tools yang tepat, bisnis Anda juga akan ikut berkembang dan mendapat keuntungan.

Menggunakan alat SEO yang tepat, akan membantu ranking website Anda melesat pada pencarian teratas. Berikut tools SEO yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan bisnis:

Ahrefs

Ahrefs dapat memberikan berbagai informasi mendetail terkait SEO di website yang Anda kelola. Hal tersebut mencakup status tautan, waktu tautan terakhir terlihat, hingga traffic dan insight dari website Anda. Terdapat fitur Ahrefs Enterprise, di mana tim Anda bergabung meningkatkan keberadaan web Anda. Setiap anggota tim akan mendapatkan data dan alat yang mereka butuhkan untuk mengubah wawasan menjadi tindakan.

Fitur yang terdapat pada Ahrefs, SEO dashboard, situs explorer, situs audit, rant tracker. Anda dapat mengakses ke Ahrefs Webmaster Tools (AWT) secara gratis. Terdapat berbagai pilihan paket, di antaranya lite $99, standar $199, advanced $399, dan enterprise $999

Ubersuggest

Ubersuggest adalah ekstensi chrome secara gratis dan alat SEO yang yang membantu pencarian ide kata kunci populer untuk mengembangkan strategi konten marketing. Ekstensi Ubersuggest tidak hanya memberi Anda data mendalam yang terkait dengan kata kunci tertentu di Google, tetapi juga di situs seperti YouTube, Amazon dan lainnya.

Ubersuggest bekerja dengan perkiraan berdasarkan peringkat yang diidentifikasi untuk setiap halaman dan lokasi negara di Google. Namun, hasil ini tidak selalu mencerminkan angka yang tepat. Misalnya, sebuah situs mendapat lebih dari 5 juta pengunjung per bulan, tetapi alat tersebut hanya menampilkan sebagian dari traffic tersebut.

Beberapa fiturnya antara lain, backlink data, ide konten, domain overview, saran kata kunci, halaman teratas SEO. Ubersuggest alat yang cocok untuk freelancer dengan anggaran terbatas yang perlu merencanakan dan mengoptimalkan konten. Namun, siapapun atau bisnis apapun yang memiliki blog dapat memanfaatkan Ubersuggest.

Moz Pro

Moz Pro adalah software SEO all-in-one, berisi alat yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas mesin pencari. Fitur utama termasuk link explorer, keyword explorer dan rank tracker.

Fitur yang disediakan Moz Pro, yaitu pencarian kata kunci, rank tracking kata kunci, backlink checker, optimisasi halaman web, insight, dan masih banyak lagi. Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan trial selama 14 hari. Rincian harga Moz Pro per bulan, standar seharga $99, medium $179, large $299, premium $599.

seoClarity

seoClarity merupakan alat pencarian alami dan platform pengoptimalan konten yang membantu pemilik merek terhubung dengan pelanggan di saat-saat penting.

seoClarity adalah platform SEO perusahaan berbasis AI pertama di dunia yang memberikan tindak pelaksanaan SEO. Satu-satunya platform dengan semua data SEO, semua metrik SEO, dan semua kemampuan yang terintegrasi dengan baik dan terskala – tanpa batasan artifisial.

Didirikan pada tahun 2007, seoClarity dibuat untuk membantu klien mengatasi tantangan secara nyata dalam SEO dan pemasaran konten. Selain teknologi, seoClarity menawarkan dukungan klien khusus dan layanan profesional SEO termasuk audit teknis dan konten, layanan penulisan konten, dan banyak lagi. Penggunaan seoClarity dihargai $3.000 per bulan.

SpyFu

SpyFu adalah pelacak kata kunci dan alat intelijen kompetitif yang digunakan oleh digital marketeruntuk meningkatkan kinerja mereka dalam pencarian online. Lebih khusus lagi, SpyFu dapat digunakan untuk mengidentifikasi istilah pencarian yang paling menguntungkan dalam campaign pencarian berbayar dan secara organik yang digunakan pesaing Anda.

Tools di SpyFu ini memiliki berbagai fitur optimasi SEO yang powerful. Bahkan tools SEO untuk enterprise ini mampu menyarankan kata kunci paling potensial untuk web bisnis yang Anda kelola.

Anda juga bisa tahu optimasi kata kunci dengan perbandingan konten dari kompetitor, sehingga bisa menjadi acuan untuk bisnis ke depannya.  Fitur SpyFu, yaitu analisis kompetitor, backlink builder, pencarian kata kunci, rank tracking, analisis SERP, membandingkan domain. Harga SpyFu mulai dari $33 per bulan.

Google Search Console

Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google yang membantu Anda memantau, memelihara, dan memecahkan masalah mengenai keberadaan situs Anda di hasil penelusuran Google. Anda tidak perlu mendaftar ke Search Console untuk disertakan dalam hasil Google Penelusuran, tetapi Search Console yang membantu Anda memahami dan meningkatkan cara Google untuk dapat melihat situs Anda.

Jika Anda memiliki keterbatasan budget dan memiliki perusahaan dalam skala kecil, namun membutuhkan tools SEO yang powerful. Maka, Google Search Console bisa membantu optimalkan SEO website Anda secara gratis. Fitur yang terdapat di Google Search Console, yaitu index coverage, insight, XML sitemap, mobile usability, securit & manual actions, rasio klik dan tayang.

Google Trends

Google Trends adalah sebuah situs milik Google yang berperan sebagai alat untuk menyediakan data tentang tren grafik statistik pencarian Web yang menampilkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu. Anda dapat menggunakan Google Trends untuk SEO tanpa harus mencari kata kunci tertentu. Google Trends dapat membantu Anda menghindari kata kunci yang menjadikan situs kurang populer.

Google Trends disediakan secara gratis dari Google yang menyediakan data dan grafik tentang popularitas pencarian tertentu di Google dan YouTube. Google pertama kali meluncurkan Google Trends pada tahun 2006. Versi terbaru Google Trends dirilis pada Mei 2018.

Itulah platform yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan pengoptimalan SEO situs web bisnis Anda. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again