Categories

Gadget

Sepeda Elektrik Ford MoDe:Flex Bisa Mendeteksi Lubang di Jalanan

Glenn Kaonang - 26 June 2015

Bulan Maret lalu, kita sudah melihat prototipe sepeda elektrik Ford yang ditenagai oleh iPhone 6 sebagai pusat kontrolnya. Sebanyak dua prototipe langsung dipamerkan; MoDe:Me untuk konsumen secara umum, dan MoDe:Pro buat pemilik bisnis.

Kali ini, Ford memperkenalkan iterasi ketiga dari sepeda elektrik pintarnya, MoDe:Flex. Melihat fisiknya, MoDe:Flex tampak lebih ‘macho’ sekaligus lebih mirip sepeda tradisional ketimbang MoDe:Me.

Hal ini tidak terlalu mengagetkan mengingat MoDe:Flex memang dirancang untuk para ‘bike enthusiast‘. Pun begitu, sepeda elektrik ini bisa dilipat untuk disimpan di dalam bagasi mobil.

Info menarik: Sepeda Bernama Yerka Ini Diklaim Tak Bisa Dicuri

Masih sama, fitur utama yang dibawa adalah integrasi smartphonevia aplikasi MoDe:Link. Namun yang agak berbeda kali ini adalah, aplikasi tersebut juga kompatibel dengan smartwatch.

Hal ini berarti semua data real-time yang dihimpun aplikasi MoDe:Link dapat diakses langsung dari pergelangan tangan. Selain lebih praktis, ini juga lebih tidak berbahaya ketimbang menempatkan smartphone di setang sepeda; berbahaya buat pengendara yang buyar konsentrasinya, bukan buat smartphone-nya yang resiko terjatuh.

MoDe:Link versi baru ini juga bisa memanfaatkan sensor pembaca laju jantung yang tertanam di smartwatch. Gunanya, besar-kecilnya daya motor elektrik akan disesuaikan berdasarkan lelah-tidaknya sang pengendara. Kalau jantung berdebar kencang, maka daya motor listrik akan ditingkatkan sehingga Anda bisa mengayuh pedal dengan lebih santai, atau tidak sama sekali.

Info menarik: Sistem Infotainment Ford SYNC 3 Kini Lebih Cepat dan Lebih Mudah Dioperasikan

Fitur menarik lain yang ditawarkan Ford MoDe:Flex adalah kemampuannya mendeteksi lubang di jalanan dan memberikan peringatan. Sayangnya, tidak dijelaskan bagaimana cara sang sepeda mendeteksi lubang-lubang tersebut. Apakah memanfaatkan data dari cloud, atau kamera, atau sensor ultrasonik; tidak ada informasi merinci.

Terlepas dari itu, yang pasti ketika ada lubang yang berhasil dideteksi, maka peringatan akan diberikan dalam wujud getaran pada setang sepeda, atau notifikasi di smartwatch.

Seperti yang saya katakan, Ford MoDe:Flex sejauh ini hanyalah sebuah prototipe. Sepeda elektrik ini dibuat dalam rangka transisi program Ford Smart Mobility dari tahap riset menuju implementasi.

Sumber: Ford via Wareable.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter