Gadget

Setelah Diakuisisi Facebook, Kini Giliran Oculus Akuisisi Tim Desainer Controller Xbox 360

Bertambah satu alasan lagi mengapa kita tidak perlu khawatir bahwa akusisi Oculus oleh Facebook akan membawa dampak buruk bagi perusahaan pionir di bidang virtual reality tersebut. Dari laman Kickstarter, Oculus mengumumkan bahwa mereka akan segera mengakuisisi Carbon Design - tim yang bertanggung jawab dalam perancangan controller Xbox 360.

Bukan hanya itu, Carbon Design juga berjasa menciptakan berbagai macam periferal khusus PC, packaging, hingga perancangan sensor Kinect untuk Xbox 360. Tim ini telah menerima lebih dari 50 penghargaan desain dan memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam menciptakan berbagai produk konsumen, industri dan juga medis. Tidak heran mengapa Oculus sangat tertarik dengan mereka.

Sebagai bagian dari perjanjian tersebut, tim Carbon Design akan memiliki andil besar dalam pengembangan perangkat headset VR Oculus. Mereka tetap akan bekerja dari studio Carbon yang berlokasi di kota Seattle, sembari berkolaborasi dengan tim research & development Oculus yang berada di Redmond.

Creative Director Carbon Design, Peter Bristol, mencoba menyampaikan apa alasannya mereka setuju menjadi bagian dari Oculus, "Dengan mengenakan prototype Oculus selama beberapa detik, Anda akan mengerti mengapa virtual reality adalah hal yang nyata. Dari sudut pandang desain dan teknis, menciptakan produk yang memungkinkan konsumen bisa merasakannya adalah hal paling menarik dan paling menantang."

 

Info menarik: Facebook Ingin Device VR Oculus Rift Bisa Dijual Dengan Harga Semurah-murahnya

 

Menurut sang Creative Director, karena VR merupakan sebuah kategori produk terbuka dan berada dalam masa kelahirannya, ia belum memiliki standar arsitektur fisik. Para talenta yang tergabung dalam tim Oculus serta developer yang terus mendukungnya-lah yang akan menentukan fungsi, rasa, dan seperti apa virtual reality akan bekerja.

"Kami sangat bersemangat untuk menjadi bagian dari tim itu," tutup Bristol, "Dan sangat menanti untuk membantu perancangannya di masa depan." Carbon Design memiliki reputasi yang sangat baik dalam menciptakan produk. Mereka selalu fokus pada kualitas teknis, rancangan ergonomic, mendengarkan masukan konsumen dan penyempurnaan desain secara bertahap.

Untuk controller Xbox 360 sendiri, ia bisa dibilang merupakan gamepad dengan desain terbaik yang pernah dibuat. Awalnya penempatan stick analog yang asimetris terkesan radikal, namun terbukti membuat controller ini terasa intuitif untuk mengakses permainan-permainan yang membutuhkan refleks tinggi, terutama genre first-person shooter dan action. Bahkan tidak sedikit produsen periferal lain turut mengikuti desain seperti miliknya.

 

Info menarik: Seperti Inikah Nanti Rancangan Oculus Rift Versi Facebook?

 

Belum ada yang bisa memastikan apa yang akan menjadi fokus tim Carbon Design. Apakah mereka akan mencoba membuat rancangan headset yang lebih kecil dan lebih menarik, menciptakan periferal pendukung dengan teknologi motion sensor, atau sesuatu yang benar-benar baru?

Proses akuisisi Carbon Design oleh Oculus rencananya akan selesai pada akhir Musim Panas, atau kemungkinan besar, akhir kwartal tiga 2014.

Sumber: Kickstarter.com. Gambar header: Arstechnica.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter