StartupGame

Sid Meier's Civilization: Beyond Earth Akan Membawa Anda Menjelajahi Ruang Angkasa

Untuk para pecinta permainan strategi, nama Sid Meier tidak lagi asing di telinga. Ia adalah seorang desainer game legendaris yang mempopulerkan genre 4X dan turn-based strategy.

Setelah Civilization V (dan dua seri Ace Patrol), kabar tentangnya jarang terdengar. Ternyata ia sibuk menyiapkan sebuah game blockbuster baru berjudul Civilization: Beyond Earth.

Sid Meier memang melekat erat pada franchise Civilization milik 2K Games. Namun bersama dengan perusahaan developer yang didirikannya, Firaxis, Meier pernah berkolaborasi dengan publisher lain seperti Electronic Arts dan Microsoft. Beberapa permainan paling terkenal buatannya selain Civilization adalah SimGolf, Pirates! dan Alpha Centauri. Beyond Earth bisa dibilang sebagai penerus spiritual dari Alpha Centauri sekaligus sekuel dari Civilization V.

 

Info menarik: Game Android Pilihan 6 – 12 April 2014

 

Lalu kenapa tidak menamakan permainan ini Alpha Centauri 2? Franchise Alpha Centauri saat ini dimiliki oleh EA. Saat Alpha Centauri dirilis tahun 1999, game ini menjadi permainan paling fenomenal saat itu, dan bagi kita memang wajar jika Firaxis ingin mengulang kembali kesuksesan itu tanpa perlu menunggu menunggu respon dari Electronic Arts.

Dua orang desainer Firaxis, David McDonough &Will Miller, membenarkan bahwa Beyond Earth merupakan perpaduan antara Civilization dan Alpha Centauri. Tetapi jika Civilization berkisah tentang sejarah peradaban manusia (yang Anda buat sendiri tentunya), Beyond Earth merupakan satu dari banyak gambaran seperti apa kehidupan kita di masa yang akan datang.

Dan hal tersebut sangat mempengaruhi landasan game secara keseluruhan. Anda bisa menyajikan karakter-karakter bersejarah dengan pengetahuan kita akan masa lalu dalam seri Civilization, namun bagaimana kehidupan manusia di luar angkasa adalah hal yang benar-benar berbeda karena pada dasarnya space-travelling adalah hal yang masih cukup jauh di luar jangkauan kita.

Itu sebabnya tim Firaxis bukan hanya fokus pada penciptaan gameplay dan konten, namun berkonsentrasi pula pada segi narasi - seperti Alpha Centauri. Permainan tersebut dipuji dan disejajarkan dengan fiksi-fiksi karya Stanley Kubrick, Frank Herbert, Arthur C. Clarke dan Isaac Asimov. Uniknya, Beyond Earth juga memiliki benang merah yang sangat kuat dengan seri Civilization sebelumnya.

Dalam Civilization V, Anda bisa memenangkan permainan dengan banyak cara. Penaklukan secara militer, ekonomi, agama, kebudayaan hingga ilmu pengetahuan. Kemenangan dengan metode terakhir bisa Anda dapatkan dengan memulai program antariksa dan mengirim koloni ke ruang angkasa. Beyond Earth adalah kelanjutan dari kisah tersebut.

 

Info menarik: Kumpulan Aplikasi Kalender Gratis Untuk PC

 

Dalam game ini Anda akan memimpin koloni manusia dalam sebuah planet asing dengan kehidupan yang asing pula. Pemain akan melakukan kontak dengan para alien, dan ditantang dengan sebuah pertanyaan: apa yang Anda lakukan selanjutnya?

Pemain bisa mencoba untuk menaklukkan mereka dengan menciptakan prajurit bionic, dengan metode Supremacy; menjaga kemurnian ras manusia di dunia asing tersebut, atau Purity; atau merangkul teknologi serta perbedaan yang ada untuk hidup secara harmonis, dengan metode Harmony.

Ketiga pendekatan ini akan menentukan bagaimana penampilan faksi, bangunan dan peradaban yang Anda buat. Pemain Purity mungkin akan berusaha menumpas segala alien yang mereka pikir berbahaya, namun pemain Harmony malah bersimbiosis mutualisme dengan mereka. Dan Firaxis telah menyiapkan berbagai jenis planet dengan skenario (makhluk serta ekosistem) yang benar-benar berbeda.

Contohnya saja Anda bisa mencoba menciptakan koloni manusia di planet tandus yang ditinggali oleh cacing karnivora raksasa (fans seri Dune akan sangat gembira), mencoba hidup di planet Vulcan yang dipenuhi oleh berbagai jenis jamur, hingga planet 'aquatic' tanpa daratan dengan masalah tersendiri. Dan di sana, Anda akan disajikan ide-ide terbesar dari para penulis fiksi ilmiah.

Anda nantinya dihadapkan pada pro-kontra transhumanism, proses terraforming planet asing agar bisa ditinggali manusia, menyatukan DNA manusia dengan alien, atau mempelajari kehidupan asing dengan detail. Civilization: Beyond Earth akan menawarkan semua itu, dengan caranya yang khas dan ringan, sehingga game ini bisa dinikmati oleh konsumen di semua rentang umur - seperti seri Civilization sendiri.

Firaxis berencana untuk merilis Civilization: Beyond Earth pada akhir 2014. Silakan simak trailer-nya di bawah ini.

Via IGN dan PC Gamer.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again