11 July 2014

by Yoga Wisesa

Silmee Bar type, Wearable Device dari Toshiba, Akan Diluncurkan di Bulan September

Smartwatch, smartband, fitness-band, kita sudah pernah menyimak semuanya. Tidak ingin produknya menyerupai para kompetitor, Toshiba menggunakan pendekatan yang unik dalam meracang perangkat wearable perdana mereka. Menamainya Silmee Bar type, ia adalah device yang mungkin belum pernah terbayangkan oleh Anda.

Silmee Bar type memiliki kemampuan layaknya device wearable pintar lain. Difokuskan untuk fungsi medis dan kesehatan, Silmee Bar Type mempu menghitung elektrokardiogram, denyut nadi, interval detak jantung, pergerakan dan suhu tubuh secara bersamaan. Dengan konektivitas Bluetooth, hasil akan ditampilkan ke smartphone atau tablet via aplikasi.

Salah satu contoh kegunaan Silmee Bar type ialah untuk mengukur kualitas tidur. Anda hanya perlu menggenakannya dan tidur di malam hari. Device ini mampu menghitung gelombang otak, nafas, pergerakan tubuh hingga pergerakan mata. Lalu ia menganalisa seluruh data dan menampilkannya untuk Anda di pagi hari.

 

Info menarik: Dengan Memanfaatkan Teknologi This Place, Google Glass Bisa Membaca Pikiran Anda

 

Menariknya, Silmee Bar type tidak dipasangkan di pergelangan, lengan, baju, leher ataupun kepala. Untuk hasil maksimal, ia harus ditempelkan di dada dengan gel pad yang Bar type miliki. Saya belum tahu seberapa besar daya rekatnya, dan apakah Silmee Bar type tak mudah terlepas saat pengguna membawanya tidur atau melakukan aktivitas sehari-hari.

Perangkat ini juga telah mendapatkan sertifikasi IPX5 dan IPX7, yang berarti memiliki kemampuan tahan air. Baterainya dapat bertahan selama kurang lebih 24 jam, ditanamkan di dalam desain Silmee Bar type yang cukup mungil - dimensinya hanya 64x28x9,6 milimeter dan bobot 14,6 gram.

Toshiba akan memperlihatkan kemampuan Silmee Bar type lebih lengkap dalam ajang International Modern Hospital Show 2014 yang akan diadakan pada tanggal 16 hingga 18 Juli nanti. Bagi Toshiba, kesehatan merupakan salah satu dari tiga wilayah bisnis terbesar. Mereka memperkirakan bahwa Silmee Bar type akan memberikan Toshiba pemasukan sebesar US$ 5,9 miliar pada masa fiskal 2015, ditambah US$ 7,1 miliar lagi pada masa fiskal 2016.

 

Info menarik: Smartwatch LG G Watch Dipastikan Segera Tersedia di 27 Negara

 

Beberapa fokus yang menjadi perhatian Toshiba di bidang kesehatan adalah pencegahan penyakit, perawatan dan diagnosa, serta promosi kesehatan. Dengan Silmee Bar type, Toshiba ingin memberikan medium perawatan jangka panjang dan juga metode mudah dalam pengelolaan kesehatan sebagai: "Perangkat kunci di era telehealth, dan memberikan kemudahan bagi semua orang untuk hidup sehat."

Tapi perlu kita ketahui bahwa Silmee Bar type bukanlah produk farmasi yang hanya bisa Anda beli di toko-toko obat dan kedokteran. Setelah nanti tersedia di Jepang pada bulan September, Silmee Bar type akan segera didistribusikan ke khalayak umum.

Toshiba belum mengumumkan harganya, tapi kita bisa berasumsi bahwa perangkat seperti ini tidak akan dibanderol terlalu mahal. Besar kemungkinan detail soal harga juga akan mereka umumkan pada acara International Modern Hospital Show 2014 di kota Tokyo.

Via Techon.Nikkeibp.co.jp. Sumber: Toshiba.co.jp. Gambar: Techon.Nikkeibp.co.jp.