1. Lifestyle

The Sims 2 Akan Segera Pensiun

Satu kelemahan terbesar pada platform online seperti Origin atau Steam adalah ketergantungan game akan dukungan terus-menerus dari publisher atau penyedia layanan. Saat permainan terbaru diumumkan, biasanya sang developer akan memutuskan untuk menghentikan dukungan teknis pada beberapa judul lama mereka. Dan hal itulah yang terjadi pada The Sims 2.

Pada tanggal 16 Juli kemarin, Electronic Arts secara resmi memberitahukan bahwa mereka akan menghentikan dukungan pada The Sims 2. Diumumkannya informasi ini bukan berarti Anda tidak lagi bisa memainkan game tersebut (seperti yang terjadi pada Age of Empires Online), EA hanya mencoba menjelaskan bahwa mereka tidak akan merilis konten baru, atau melakukan update teknis untuk The Sims 2.

Menurut laporan seorang userNeoGAF bernama Thomper, The Sims 2 akan 'pensiun' pada tanggal 22 Juli 2014. Kita bisa menerka bahwa penutupan dukungan teknis ini dilakukan oleh developer Maxis untuk fokus pada peluncuran The Sims 4 yang akan dilakukan di bulan September nanti.

 

Info menarik: The Sims 4 Akan Fokus Pada Narasi dan Penyampaian Cerita?

 

Lalu bagaimana nasib mereka yang masih sering menikmati The Sims 2? Electronic Arts berusaha memastikan bahwa kesetiaan para gamer terbayarkan dengan layak. Para pemilik The Sims 2 akan menerima satu kopi The Sims 2 Ultimate Collection: sebuah versi terbaru yang masih didukung oleh layanan Origin, dengan konten yang juga lebih banyak.

The Sims 2 Ultimate Collection akan muncul secara otomatis di library Origin, tapi Anda perlu mengunduhnya dulu sebelum bisa menikmati permainan ini. Dan sebaiknya para gamer The Sims 2 segera melakukan transfer file save - karakter, rumah, setting dan lain-lain - dari The Sims 2 ke Ultimate Collection. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah diberikan oleh EA di sini.

The Sims 2 diluncurkan hampir 10 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 14 September 2004. Sekuel dari game karya desainer legendaris Will Wright tersebut mendapatkan respon yang sangat baik dari konsumen (dengan rating Metacritic 90%) dan terjual lebih dari 20 juta kopi di seluruh dunia.

 

Info menarik: BioWare Rilis Demo Gameplay Dragon Age: Inquisition Sepanjang 16 Menit

 

Di dalam The Sims 2, pemain dipersilakan untuk menciptakan dan mengontrol karakter buatan mereka sendiri - dikenal dengan istilah Sim. Para Sim bisa saling berinteraksi satu sama lain, hingga membangun keluarga. Jika simulasi bukanlah kegemaran utama Anda, pemain juga dapat berkreasi dengan mendesain berbagai jenis tempat tinggal melalui Build Mode yang ada di dalamnya.

Kesuksesan The Sims 2 mendorong developer Maxis untuk memperluas permainan ini dengan berbagai konten baru. Hingga masa dukungan teknis ini berakhir, Maxis telah merilis delapan buah expansion pack, dan sembilan buah stuff pack - berisi objek, pakaian, barang dan furnitur dengan tema berbeda.

Untuk sebuah game berumur sepuluh tahun, dukungan yang EA berikan pada konsumen setia mereka memang harus diapresiasi. Dan siapa tahu dalam waktu ke depan, The Sims 2 Ultimate Collection juga akan ditawarkan secara umum - tentu dengan harga yang masuk akal.

Via IGN. Sumber: EA.com & Forum NeoGAF. Gambar header: ModDB.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again