1. Startup

Sinar Mas Land dan Mitbana Bangun TOD Berkonsep Smart di BSD City

Mendorong BSD City menjadi kota pintar yang terintegrasi dan mudah diakses dari berbagai destinasi.

Sinar Mas Land kembali hadirkan rencana pengembangan BSD City dengan memulai kerja sama dengan Mitbana Pte Ltd, sebuah perusahaan patungan antara Surbana Jurong dan Mitsubishi Corporation. Kerja sama ini bertujuan untuk melakukan pengembangan sebuah transit-oriented development (TOD) berkonsep smart dan sustainable di BSD City.

Sejak didirikan pada Maret 2019, Mitbana sendiri dikenal sebagai perusahaan yang berfokus pada pengembangan berskala kota dan TOD di negara-negara Asia Tenggaraa dan Asia Selatan. Kerja sama antara Sinar Mas Land dan Mitbana ini akan membantu pengembangan terintegrasi berbasis TOD yang didasarkan pada tren urban saat ini, khususnya dengan pertimbangan terkait pasca-pandemi yang sedang berlangsung saat ini. Melalui pengembangan ini, infrastruktur yang tercipta diharapkan dapat turut mendukung pemerintah Indonesia untuk mengelola konektivitas yang baik untuk warga dan para komuter di Jakarta dan Tangerang.

Semakin Mengembangkan BSD City sebagai Integrated Smart City

Sinar Mas Land sendiri terlah memulai pembangunan BSD City sejak 1980-an hingga saat ini terus berkembang dengan beragam fasilitas mulai dari pusat niaga, sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hotel, hingga convention centre. Kerja sama ini nantinya juga akan mengakselerasi pengembangan area residensial, komersial, dan transportasi di kota tersebut. Michael Widjaja, Group Chief Executive Officer Sinar Mas Land, menyampaikan, “Kami menyambut baik kerja sama dengan Mitbana untuk memajukan BSD City menjadi kota pintar yang terintegrasi, terhubung, dan mudah diakses dari berbagai destinasi. Dengan kerja sama ini, Mitbana akan menjadi mitra pengembang terbesar kami di BSD City. Kami harap kerja sama ini akan memberikan nilai tambah bagi warga BSD City dan sekitarnya serta proyek ini pun dapat menjadi acuan pengembangan TOD di Indonesia.”

Terkait pengembangan sebagai kota pintar yang terintegrasi, BSD City juga memang mengembangkan beberapa proyek berorientasi digital seperti Digital Hub dan pelatihan cloud computingyang diadakan di kampus ITSB. Selain itu,  BSD City sendiri juga telah dipercaya sebagai tuan rumah bagi beberapa perusahaan teknologi ternama, seperti Apple Developer Academy (yang dijalankan Apple bersama universitas lokal) dan Grab (perusahaan transportasi online dari Singapura).

“Indonesia memiliki potensi TOD yang cemerlang di masa depan serta menjadi peluang besar untuk Mitbana. Kami bersemangat mewujudkan visi kita bersama untuk menjadi wadah pengembangan urban terdepan melalui pengembangan kota pintar yang berkesinambungan. Saat dunia sedang berjuang dalam pandemi Covid-19, Mitbana mencari metode yang relevan untuk menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat terhadap lingkungan hidup di masa depan. Oleh sebab itu, kami bekerja sama dengan Sinar Mas Land untuk mendefinisikan dan memberikan solusi urban yang holistik untuk menunjang komunitas dan meningkatkan bisnis di Indonesia. Pengembangan ini akan dilakukan dalam beberapa fase yang akan kami tunjukkan dalam waktu yang akan datang.” tambah Gareth Wong, Chief Executive Officer Mitbana

Melanjutkan Kerja Sama Strategis Sinar Mas Land Sebelumnya

Kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land dibangun sejalan dengan kolaborasi yang telah terjalin antara Mitsubishi Corporation, Sinar Mas Land, dan Surbana Jurong yang telah dilakukan sebelumnya. Kerja sama tersebut dilakukan melalui pengembangan kawasan The Zora di BSD City yang merupakan zona hunian eksklusif yang mengusung teknologi smart-home. Tidak hanya di BSD City, Sinar Mas Land juga telah bekerja sama dengan Citra Mas menunjuk Surbana Jurong dalam pengembangan konsep masterplan Eco Digital Project di Nongsa, Batam, Kepulauan Riau.

Sebagai perusahaan perdagangan terdepan dari Jepang, Mitsubishi Corporation telah memiliki pengalaman dari beragam sektor. Mitsubishi Corporation memiliki tim in-house Urban Development Group yang komprehensif dalam bidang realestat, infrastruktur, leasing, dan perbankan perdagangan di seluruh dunia. Kelompok kerja ini memiliki misi untuk mendukung pengembangan urban skala besar dan bernilai tambah untuk kebutuhan sosial dan lingkungan.

Hiroshi Nakanishi, General Manager Mitsubishi Corporation di Singapura dan anggota dewan Mitbana, mengatakan, “Kami dari Mitsubishi Corporation senang karena melalui Mitbana kami dapat terus bekerja sama dengan Sinar Mas Land dalam pembangunan di BSD City. Kami percaya dengan potensi perkembangan Indonesia yang terus memotivasi kami untuk memberikan produk dan teknologi terbaik kami dalam proyek ini.”

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh Sinar Mas Land

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again