DScovery

6 Skill di Bidang Digital Marketing yang Wajib Kamu Kuasai

Skill-skill yang sering menjadi syarat kualifikasi perusahaan untuk merekrut orang-orang dalam digital marketing.

Digital marketing enjadi salah satu bagian bisnis yang wajib dilakukan di era serba digital ini. Digital marketing sendiri adalah upaya untuk memasarkan produk melalui promosi atau iklan kepada target audiens tertentu secara online.

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang digital marketer, kamu harus mengetahui tugas seorang digital marketer serta menguasai berbagai tools untuk melakukan strategi digital marketing. Nah, agar dapat bekerja di perusahaan impian, kamu harus tahu skill-skill dalam digital marketing yang sering dijadikan syarat kualifikasi.

Jangan khawatir, DailySocial akan memberi bocoran skill-skill tersebut agar kamu bisa lolos seleksi. Yuk, intip daftarnya di bawah ini.

Mengerti Data Analysis

Data analysis berarti kemampuan untuk memanfaatkan dan memproses data hasil interaksi atau aktivitas pengguna secara online. Perlu diingat, seluruh proses marketing dalam digital marketing dilakukan secara online melalui digital channel.

Maka dari itu, kamu juga harus mampu membaca dan menganalisis data yang dihasilkan dari memantau berbagai strategi marketing yang telah dilakukan. Ini agar kamu dapat memahami target audiens demi mendapat insight yang menarik untuk mengoptimalkan strategi marketing yang dijalankan.

Memiliki Pola Pikir Strategis

Memahami data saja belum cukup. Core atau inti peran seorang digital marketer adalah bagaimana caranya penjualan produk/layanan perusahaan dapat meningkat berkat strategi marketing yang dilakukan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digital marketer harus bisa berpikir strategis.

Ketika kamu menemui masalah pengguna misalnya, maka giliran kreativitasmu untuk membuat solusi, jenis strategi seperti apa, dan bagaimana melakukannya agar dapat mencapai tujuan bisnis

Memahami SEO & SEM

Algoritma Google akan terus berkembang dan penggunaan keyword untuk optimasi SEO & SEM semakin ketat. Kamu perlu memahaminya untuk keperluan optimasi konten agar terbaca sebagai urutan teratas. Pemahaman terhadap algoritma search engine ini dapat dikatakan sebagai kemampuan dasar untuk menguasai strategi lainnya.

Menjaga Customer Relationship Management (CRM)

Selain memahami perilaku konsumen lewat data, kamu juga harus bisa menjaga hubungan baik dengan mereka. Apa artinya memiliki banyak followers tetapi engagements yang didapat sedikit?

Maka dari itu, kamu perlu menguasai skill CRM untuk menjaga agar para pengikut, pelanggan, konsumen perusahaan tidak cepat ‘lari’. Caranya, kamu harus memberi perhatian lebih kepada konsumen dari sisi personal hingga emosional.

Ini agar kamu bisa meningkatkan customer experience selama menggunakan produk/layanan perusahaan. ‘Jamuan’ yang baik akan menjamin konsumen setia menggunakan produk/layanan perusahaan.

Memahami Media Sosial

Melakukan digital marketing berarti menggunakan segala bentuk digital channel untuk menjangkau audiens, tak terkecuali media sosial yang memiliki pengguna semakin masif. Bagi kamu pengguna media sosial, ini merupakan sebuah keuntungan.

Eits, tapi nggak cukup sebagai pengguna saja. Digital marketer juga harus memahami algortima, cara kerja, data metrik yang unik dan berbeda di masing-masing media sosial. Setelah itu, digital marketer harus bisa menyesuaikan konten yang relevan dan berkualitas bagi masing-masing audiens di media sosial tertentu.

Dengan sifatnya yang interaktif, kamu juga bisa menjaga engagement melalui media sosial sebagai salah satu cara menerapkan CRM. Selain itu, memahami media sosial menjadi penting karena media sosial menjadi platform terbaik untuk menyebarkan campaign, mempromosikan produk, hingga membangun branding.

Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Mumpuni

Kemampuan komunikasi merupakan salah satu interpersonal skill yang dibutuhkan dalam digital marketing. Ini karena peran utama digital marketer adalah menyebarkan pesan melalui campaign serta membangun hubungan baik dengan konsumen demi mendapat loyalitas.

Digital marketer sendiri merupakan jembatan antara kepentingan bisnis perusahaan dengan kebutuhan konsumen. Maka, strategi digital marketing yang kamu lakukan harus mengandung pesan bahwa produk/layanan perusahaan hadir sebagai solusi untuk menjawab kebutuhan konsumen.

 

Itu tadi kumpulan skill yang kamu butuhkan jika ingin meniti karier di bidang digital marketing. Sebelum mendaftar, pastikan kamu telah meningkatkan skill-skill marketing yang sesuai dengan kemampuanmu agar bisa menunjang curriculum vitae (CV).

Kamu sudah melakukan langkah yang benar dengan belajar digital marketing karena ini merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Gaji seorang digital marketer di Indonesia sendiri berada di kisaran Rp 5-7 juta. Kalau kamu sudah di level expert, gaji yang didapat bisa sampai Rp 14 jutaan, loh!

Jadi, good luck belajarnya!

Sumber gambar header: iStock Photo

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again