11 December 2017

by Bambang Winarso

Skor DxOMark Xiaomi Mi Note 3 Kalahkan iPhone 7 Plus

Xiaomi Mi Note 3 mencetak skor 90, sedangkan iPhone 7 Plus hanya 88

Pada bulan September lalu, Xiaomi meluncurkan salah satu flagship-nya di ranah phablet, Mi Note 3. Berbeda dengan flagship Xiaomi lainnya, seri Mi Note berfokus pada penampang layar yang dibuat relatif lebih lebar dan dengan keunggulan di sisi visual demi memudahkan penggunaan yang berhubungan dengan produktivitas. Tapi yang tak boleh dilewatkan, bahwa ternyata seri ini juga menawarkan kemampuan kamera yang dominan, bahkan berdasarkan pengujian DxOmark disebut lebih baik dari iPhone 7 Plus.

Sebelum kita bahas hasil pengujiannya, yuk kita bahas sedikit spesifikasi kamera di Mi Note 3 dan rincian dari lembar teknisnya. Kita mulai dari sensornya, di mana sejak rilis, smartphone mengemas dua buah layar ganda masing-masing 12MP di bagian belakang. Sensor utamanya membawa lensa wide-angle 27mm dengan aperture f/1.8 dan OIS. Sedangkan sensor kedua mengemas lensa 52mm dengan aperture f/2.6 yang juga dilengkapi 2x optical zoom. Tambahan PDAF dan dual LED flash membantu kamera menangkap objek baik foto ataupun video di kondisi gelap. Sementara di bagian depan terdapat kamera depan 16MP.

Sekarang baru kita masuk ke skor pengujian, di mana DxOMark memberikan poin 90 untuk keseluruhan pengujian. Skor performa video sedikit lebih baik, sebesar 94 poin sedangkan skor performa foto sebesar 82 poin. Dalam publikasi resminya DxOMark memberikan beberapa catatan, bahwa Mi Note 3 mempunyai auto focus yang cepat dan akurat, fungsionalitas zoom yang sangat baik di luar ataupun di dalam ruangan, efek bokeh yang mengesankan dan kemampuan mengeliminasi noise yang baik. Kelemahannya, kamera Mi Note 3 kurang bagus di kondisi pencahayaan yang rendah.

Jika dibandingkan, skor yang dicetak oleh Mi Note 3 masih sedikit lebih baik dari iPhone 7, iPhone 7 Plus dan Sony XZ Premium yang notabene punya kelas yang berbeda. Harganya bahkan hampir separuhnya. Yap, dengan harga di kisaran $380, Mi Note 3 merupakan opsi yang sangat pantas jika Anda membidik smartphone dengan kualitas kamera yang baik.

Berikut beberapa hasil jepretan Xiaomi Mi Note 3

Sumber berita DxOMark.