Smartphone dan Tablet Jadi Barang Lumrah, Pengguna Aktif Bulanan Twitter Via Mobile Naik 31%

Penetrasi perangkat Smartphone dan tablet dewasa ini kian menggila, setidaknya ada 266,9 juta unit smartphone dikapalkan secara global atau naik 1,13% di tahun 2014 dan 217 ,1 juta unit tablet di tahun 2013, menjadikan smartphone dan tablet sebagai barang lumrah yang digunakan oleh semua kalangan tak terkecuali anak-anak.

Hal ini yang tentunya memberi dampak besar terhadap peningkatan pengguna aktif bulanan Twitter dari perangkat mobile sebagaimana termuat dalam laporan Q1 2014 Twitter per 29 April.

Dalam laporan tersebut terungkap bahwa pengguna aktif bulanan Twitter meningkat 25% dari tahun ke tahun, dari 204 juta menjadi 255 juta per 31 Maret 2014. Jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya di angka 241 juta, maka terjadi peningkatan sebesar 5,8%.

Menariknya pertumbuhan tertinggi terjadi di sektor mobile di mana total pengguna mencapai 198 juta atau naik 31% dari tahun ke tahun. Dengan jumlah sebanyak itu maka 78% dari total pengguna aktif bulanan Twitter berasal dari sektor mobile, berbanding positif dengan pertumbuhan ranah smartphone sebagaimana penulis ilustrasikan di paragraf pembuka.

 

Info Menarik: BBM Money Kurang Sukses, Buka Kesempatan Multiplatform

 

Kemudian jumlah Timeline view tercatat mencapai 157 miliar sepanjang kuartal pertama 2014, atau meningkat sebesar 15% dibandingkan tahun lalu di kuartal yang sama.

Tak heran jika kemudian pendapatan iklan dari sektor mobile tercatat menjadi penyumbang paling besar di mana 80% datang dari sektor ini.

Di kuartal pertama 2014 ini Twitter berhasil meraih pendapatan sebesar $226 juta dari sektor periklanan saja, atau naik sebesar 125% dibandingkan kuartal yang sama tahun 2013. Total Twitter meraih pendapatan sebesar $250 juta atau naik 119% dibandingkan pendapatan tahun 2013 yang hanya $114 juta.

Sumber berita: TechCrunch dan gambar header: Twitter via Shutterstock.