1. Lifestyle

Pasar Tablet Tembus Angka 200 Juta Unit, Naik 50% Selama 2013

Setelah merilis laporan mengenai pasar smartphone 2013, IDC kali ini merilis laporan mengenai pasar perangkat tablet. Secara keseluruhan, sepanjang tahun 2013 pasar tablet mengalami kenaikan 50,6% dibandingkan tahun 2012 dengan angka pengiriman (shipment) mencapai 217,1 juta unit.

Angka ini sedikit meleset dari prediksi IDC pada awal Desember lalu yang memperkirakan sebanyak 221,3 juta tablet akan dikirim ke seluruh dunia selama tahun 2013. Sementara jika ditelaah berdasarkan angka Q4 saja, angka pengiriman tablet diperkirakan mencapai 76,9 juta unit, naik 62,4% dibandingkan Q3 dan naik 28,2% dari Q4 2012.

Apple masih memimpin pasar tablet dengan menguasai 33,8% pangsa pasar. Meski kembail mencetak rekor angka pengiriman dengan 26 juta unit pada Q4 2013, Apple justru mengalami penurunan pangsa pasar dari 38,2% pada kuartal yang sama di tahun 2012. Hal ini disebabkan pesatnya pertumbuhan pasar para pesaing Apple. Samsung yang berada di posisi kedua mengalami peningkatan angka pengiriman hampir dua kali lipat dari 7,8 juta unit pada Q4 2012 menjadi 14,5 juta unit pada Q4 2013. Secara keseluruhan, dari 5 produsen tablet dengan pangsa pasar terbesar, hanya Amazon yang mengalami penurunan angka pengiriman.

Mengomentari kondisi pasar ini, Direktur Riset IDC, Tom Mainelli menyatakan, "semakin jelas bahwa pasar-pasar seperti Amerika Serikat sedang mengalami tingkat saturasi pasar yang tinggi, sementara pasar-pasar [di negara] berkembang terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat". Akibatnya, seperti yang bisa kita lihat dari data-data di atas, berbagai produsen tablet berbasis Android yang memang kuat di pasar negara-negara berkembang mengalami pertumbuhan pasar yang besar.

Terakhir, IDC memberi sorotan khusus kepada Lenovo yang baru-baru ini baru saja mengakuisisi Motorola Mobility dari Google. Menurut IDC, akses Lenovo ke infrastruktur manufaktur di Cina telah membantu Lenovo untuk memproduksi tablet-tablet berbiaya murah. Kekuatan Lenovo di pasar-pasar [negara] berkembang dan meningkatnya pangsa pasar Lenovo di pasar PC dan Smartphone disinyalir akan menempatkan Lenovo di posisi yang baik untuk tumbuh di pasar tablet pada 2014.

 

Info Menarik: Lenovo Akan Akuisis Motorola Mobility Senilai $2,91 Miliar

 

Simak laporan IDC selengkapnya pada tautan berikut ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again