8 November 2016

by Bambang Winarso

Sejumlah Foto Beberkan Desain Logam Smartphone Nokia

Dalam bocoran ini, Smartphone Nokia tampak mempunyai dua lubang di bagian belakang yang diduga lubang kamera dan sidik jari

Sudah jadi rahasia umum bahwa Nokia sedang bekerja keras mempersiapkan smartphone Android baru, kendati mereka tidak terlibat secara langsung dalam proses perakitannya. Namun, tentu ada banyak hal yang dilahirkan dari para pemikir di dalamnya. Mengingat seluruh paten dan teknologi Nokia digunakan oleh HMD Global, perusahaan yang bertanggung jawab merakit ponsel-ponsel terbaru Nokia.

Setelah konfirmasi yang dihembuskan oleh ย James Rutherfoord beberapa waktu lalu, kali ini muncul desain render yang memperlihatkan seperti apa bentuk kasar dari cikal bakal smartphone Nokia.

Dalam bocoran yang fokus di panel belakang ini terungkap beberapa hal yang tak kalah penting dengan detail layar dan bagian lainnya. Dari gambar-gambar yang beredar tampak ponsel Nokia bakal menggunakan komponen logam kokoh dan sentuhan antenna band yang serupa dengan kepunyaan iPhone 7.

Di panel belakang terlihat dua buah lubang dengan bentuk berbeda yang berjejer secara vertikal. Salah satunya diyakini merupakan lubang untuk lensa kamera, sementara lubang lainnya untuk sensor sidik jari. Tetapi mungkin saja dua lubang ini merupakan kombinasi dua kamera seperti yang dijumpai di beberapa flagshipHuawei. Di bagian tengah tersemat pula label Nokia yang disusun tegak sejajar dengan orientasi smartphone.

Sumber gambar juga membeberkan adanya smartphone kedua Nokia yang mempunyai desain serupa namun dengan tiga tambahan tombol di bagian depan. Salah satu tombol disebut akan berfungsi sebagai sensor sidik jari sekaligus tombol Home.

Nokia memang santer dikabarkan berencana merilis dua ponsel di kuartal keempat 2016, dan setidaknya dua smartphone di kuartal kedua tahun 2017 mendatang. Salah satunya diduga kuat bakal mengadopsi Snapdragon 821 dan menawarkan kamera beresolusi 22,6MP.

Sumber berita Gizmochina dan gambar header Digitaltrends.