Categories

Gadget

Smartphone Perdana Amazon, Fire Phone, Resmi Diumumkan

Yoga Wisesa - 19 June 2014

Perkiraan para analis ahli lagi-lagi terbukti tepat. Setelah ditunggu-tunggu cukup lama, di bulan Juni ini Amazon akhirnya mengenalkan secara resmi smartphone pertama buatan mereka yang diusung dengan nama Fire Phone. Mereka tanpa malu-malu lagi membeberkan info spesifikasi, fitur-fitur, dan satu hal yang paling penting: harganya.

Amazon Fire Phone menyajikan desain yang luas dan panjang, sekilas penampilannya merupakan kombinasi dari Google Nexus 4 dengan Apple iPhone. Walaupun memiliki layar beresolusi HD dengan ukuran 4,7-inci, sang CEO Amazon Jeff Bezos mengklaim bahwa smartphone pertama buatan mereka dioptimalisasi untuk penggunaan satu tangan.

Agar tidak mudah tergelincir, Amazon Fire Phone dilengkapi dengan frame karet. Kemudian perangkat ini juga memanfaatkan layar berbahan Corning Gorilla Glass. Amazon juga membekali Fire Phone dengan sepasang speaker Dolby sehingga ia sempurna menjadi medium untuk menikmati video (dan musik video) dalam perjalanan.

Sebagai 'reaktor' tenaga smartphone unik ini, Amazon menyematkan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 800 yang berjalan di kecepatan 2,2GHz, dibantu dengan GPU Adreno 330 dan memori RAM on-board sebesar 2GB. Anda bisa memilih versi dengan penyimpanan 32GB atau 64 GB.

 

Info menarik: Amazon Fire TV Adalah Kotak Hiburan ‘Serba Guna’

 

Kemampuan konektivitasnya juga luas, didukung fungsi near-field communication (NFC), Bluetooth, 4G LTE dan Wi-Fi 802.11ac. Dengan kapasitas baterai sebesar 2.400mAh, Amazon menyampaikan bahwa Fire Phone dapat menjalankan video selama 11 jam non-stop dan talk time hingga 22 jam.

Untuk kameranya sendiri, Anda mendapatkan kamera bersensor 13-megapixel dengan aperture f/2.0 dipadu fitur image stabilization. Teknologi lain yang dimanfaatkan oleh Amazon adalah shutter akan terbuka sedikit lebih lama agar foto-foto di kondisi rendah cahaya tetap terlihat baik.

Berita baiknya bagi penggemar kamera ponsel, Amazon menjanjikan kapasitas penyimpanan foto yang tak terbatas (kemungkinan dengan sistem penyimpanan cloud, ditambah 5GB Amazon Cloud Drive untuk jenis file lainnya). Dan tentu ia juga akan dilengkapi dengan fitur-fitur seperti foto panorama, burst dan juga action shot.

Fitur eksklusif yang menurut saya paling menarik dalam Fire Phone adalah Firefly. Dengan menggunakan kamera, Anda bisa mengidentifikasi buku, DVD film, nomor telepon, QR code, CD musik video game dan lain-lain - baik di dunia nyata maupun online. Kemudian setelah Fire Phone paham apa yang sedang Anda cari, pengguna akan dibawa langsung ke laman Amazon untuk segera berbelanja.

 

Info menarik: Juni Adalah Bulan Kehadiran Smartphone dari Amazon?

 

Selain itu, Amazon juga melengkapi Fire Phone dengan akses langsung ke layanan pelanggan MayDay. Lalu dengan Dynamic Perspective, Anda bisa mengubah sudut pandang tiap gambar, map dan aplikasi yang mendukung 3D dengan menggunakan perangkat ini. Untuk melacak pergerakan kepala pengguna, Fire Phone memiliki empat buat kamera depan yang ditempatkan dalam sudut 120 derajat di pojok smartphone.

Kombinasi software canggih, rangkaian sensor inframerah dan algoritma kompleks membuatnya mampu menyajikan efek 3D yang akurat dan intuitif.

Fire Phone akan menjadi smartphone eksklusif AT&T dan gerbang pre-order sudah dibuka mulai tanggal 18 Juni. Bagaimana dengan harganya? Varian 32GB ditawarkan seharga US$ 199 dengan kontrak dan US$  649 tanpa kontrak dan versi 64GB dibanderol  US$ 199 dengan kontrak dan US$ 749 tanpa kontrak. Proses distribusi sendiri akan dimulai pada tanggal 25 Juli.

Sumber: Digital Trends & Tech Radar. Sumber gambar: Amazon.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter