Categories

Gadget

Smartwatch Baru LG Berbasis WebOS Akan Segera Hadir?

Oki Rosgani - 3 October 2014

Kepopuleran perangkat wearable device seperti smartwatch telah  menggiring produsen untuk terus berinovasi membuat perangkat jam tangan pintar yang memiliki nilai diferensial.

Setelah Samsung merilis jam tangan pintar Galaxy Gear Live yang berjalan dengan  sistem operasi Tizen OS miliknya sendiri, kini LG juga ikut mempersiapkan smartwatch baru yang dijejali dengan platform WebOS.

Sebelumnya platform yang sempat dikembangkan oleh PalmOne ini pernah diakuisisi oleh Hawlett-Packard (HP) dan kini lisensi WebOS juga telah resmi dimiliki oleh LG Electronics.

Menurut kabar yang kami rilis dari situs The Verge baru-baru ini, LG kabarnya tengah bersiap untuk mengembangkan smartwatch baru yang akan berjalan dengan platform WebOS. Pihak LG sesumbar bahwa smartwatch baru itu akan lebih powerfull dengan fitur web-sentris yang dimilikinya, yang akan memberikan nilai differensial pada smartwatch dibanding perangkat yang sama dipasaran saat ini.

 

Info menarik: Aplikasi iOS Pilihan 22 – 29 September 2014

 

Sebelumnya, LG juga telah memiliki produk smartwatch LG G Watch R yang berjalan dengan platform Android Wear, kabarnya smartwatch LG G Wtach R ini akan mulai tersedia di pasaran pada akhir bulan ini.

Namun sepertinya perusahaan asal Korea ini juga tertarik untuk mengembangkan produk jam tangan pintar lain dengan platform WebOS, dimana lisensinya telah mereka miliki sejak HP melepasnya kepada LG pada Februari 2013 lalu. LG tidak asing dengan platform ini, mereka menggunakannya untuk perangkat WebTV yang mereka kembangkan.

Dengan begitu, LG nantinya akan memiliki produk smartwatch lain yang menggunakan platform alternatif selain menggunakan Android Wear seperti di LG G Watch R. Untuk menyiapkan produk smartwatch yang berjalan dengan platform WebOS tersebut, kabarnya LG tengah menyiapkan perangkat lunak Software Development Kit (SDK) bagi para pengembang yang ingin membuat aplikasi untuk dijejalkan pada perangkat smartwatch tersebut.

Akankah LG sukses dengan jam tangan pintar WebOS-nya? Tentu masih terlalu dini untuk kita prediksi. Namun sepertinya platform WebOS memang cukup berpotensi untuk bisa mendapatkan tempat di hati pengguna, apalagi dengan keberadaan Internet of Things (IoT) yang kini tengah didengung-dengungkan oleh para produsen yang ingin meng-Internet-kan dunia dan men-dunia-kan Internet ke dalam seluruh aspek kehidupan manusia.

Sumber: The Verge | Gambar : GoodeReader.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter