Dark
Light

Smartwatch Bukan Gaya Anda? Ini Dia ‘Cincin Pintar’ Mota SmartRing

1 min read
September 8, 2014

Menggabungkan teknologi dan konektivitas ke aksesori yang biasa dikenakan manusia mungkin bisa dibilang sebagai salah satu pendekatan dalam mencari ide perancangan wearable device. Kacamata dapat menjadi medium augmented reality, lalu smartband dan smartwatch merupakan ekstensi fungsi handset yang diletakkan di pergelangan tangan Anda.

Mota bukanlah pemain baru dalam membuat gadget-gadget unik. Mereka sebelumnya telah menciptakan printer 3D, Drone Hawk, hingga iOS Helicopter. Namun perangkat wearable terbaru yang mereka perlihatkan di situs crowdfunding Indie Gogo merupakan inkarnasi ekstrim produk smartwatch sebelumnya. Mota memperkenalkan SmartRing, satu dari sedikit ‘cincin pintar’ pertama di dunia.

Berdasarkan penjelasan tim Mota, SmartRing mereka mempunyai fungsi serupa seperti wearable tech lain: tersambung ke smartphone secara wireless, memberikan Anda update dan notifikasi app atau sosial media langsung ke ruas jari. Mota SmartRing diklaim mampu memperingkas penggunaan handset, serta menawarkan keleluasaan lebih besar untuk selalu terkoneksi.

Mota SmartRing 03

 

Info menarik: Visiobike, ‘Sepeda Elektrik’ Canggih Yang Dapat Terhubung ke Device Pintar Anda

 

Mota SmartRing hadir layaknya sebuah cincin tebal berlayar sentuh hitam. Ia terhubung ke handset via Bluetooth 4.0 ‘low energy‘. SmartRing dikenakan di jari dengan touchscreen mengarah ke dalam. Menggunakan jempol, pengguna bisa men-scroll pesan singkat, email hingga melihat panggilan masuk. Cincin pintar dapat dikustomisasi agar hanya menampilkan pesan dan panggilan dari individu penting saja.

Device tersebut memberikan Anda akses mudah ke perangkat pintar dalam berbagai skenario: saat meeting dengan para direksi, presentasi dengan client penting, hingga acara kencan pertama ketika kesan adalah segalanya. Bukan hanya keren, Mota SmartRing juga sangat kuat untuk dipakai sehari-hari. Perangkat wearable ini tahan benturan dan anti-air, lalu layar sentuhnya sangat cerah dan konten tetap terlihat jelas di bawah teriknya matahari.

SmartRing tidak memiliki port fisik, dan mengandalkan Bluetooth sebagai koneksi utama. Baterainya dapat diisi ulang melalui charging station wireless induktif hanya dengan menaruh cincin pintar ini di atasnya.

Mota SmartRing 02

 

Info menarik: Motorola Resmi Pamerkan Smartwatch Moto 360

 

Untuk model pertama, Mota SmartRing kompatibel dengan handset Android serta iOS. Ia menampilkan segala notifikasi pesan singkat, email, meeting serta panggilan dari orang-orang terdekat melalui getaran. SmartRing mengusung desain unisex sederhana dalam dua pilihan warna, hitam dan putih, sehingga siapapun cocok mengenakannya.

Tantangan besar bagi tim pengembang adalah, berbeda dari desain menyerupai jam, cincin adalah aksesori yang membutuhkan ukuran khusus agar bisa dipakai sempurna. Dan Mota sama sekali belum membahas solusi masalah ukuran. Dengan komponen elektronik di dalamnya, saya cukup yakin ada batasan minimal ukuran Mota SmartRing. Artinya mereka yang berjari kecil kemungkinan tidak bisa menggunakannya.

Kemudian, bukankah semakin kecil suatu barang, maka semakin besar pula kemungkinan untuk cepat hilang? Mota juga belum menjelaskan material seperti apa yang mereka gunakan agar SmartRing tetap kuat tapi ringan.

Belum ada pengumuman soal harga retail Mota SmartRing. Tapi Anda bisa memesannya di Indie Gogo seharga mulai dari US$ 75. Sangat terjangkau.

Sumber tambahan: Mota.com.

Previous Story

Inilah Foto Detail Smartphone BlackBery Classic, Siap Dirilis 24 September Mendatang?

Next Story

Bank Mandiri Implementasikan Solusi Mobile Payment Bersama GoSwiff dan Indopay

Latest from Blog

Don't Miss

Startup securities crowdfunding (SCF) FundEx sediakan alternatif pendanaan untuk UKM, telah mengantongi izin usaha dari OJK per 6 September 2021

Startup SCF FundEx Resmi Beroperasi, Incar Bisnis Digital Peroleh Alternatif Pendanaan

FundEx meramaikan jajaran pemain securities crowdfunding (SCF) dalam menyediakan alternatif

Ray-Ban Stories Adalah Kacamata Pintar Generasi Pertama dari Facebook

Setelah lama dirumorkan, Facebook akhirnya secara resmi memperkenalkan kacamata pintar