25 March 2015

by Glenn Kaonang

Smartwatch Ini Hanya Perlu Anda Charge 9 Kali dalam Setahun

Ketahanan baterai rupanya menjadi salah satu nilai jual utama yang coba ditawarkan pemain-pemain baru di pasar smartwatch. Sebelum ini, kita sempat melihat duo smartwatch dari Vector Watch yang mampu beroperasi hingga 30 hari nonstop. Itu belum apa-apa jika dibandingkan yang satu ini.

Bernama Coros Live, smartwatch ini tidak segan menyebut nama-nama produk lain yang dirasa sangat lemah daya tahan baterainya. Sombong sekali? Well, hal itu dikarenakan Coros Live mampu mendampingi penggunanya hingga 42 hari hanya dalam satu kali charge.

Konsumsi daya yang sedemikian irit ini dimungkinkan berkat penggunaan layar Memory LCD berukuran 1,26 inci. Teknologi layar monokrom ini sama dengan yang digunakan Vector Watch, dan ia akan terus menampilkan informasi meski sedang tidak digunakan, sama seperti arloji tradisional.

Info menarik: Neptune Suite Ingin Pusatkan Seluruh Gadget Anda dalam Satu Smartwatch

Sayangnya tidak ada yang terlalu istimewa dari desain Coros Live. Sepintas, bodinya yang tahan air hingga kedalaman 30 meter tampak sangat mirip dengan Pebble versi orisinil, lengkap dengan pengoperasian via tombolnya. Juga seperti mayoritas smartwatch lain, strap berukuran 22 mm-nya bisa dilepas-pasang dengan mudah.

Satu-satunya ide yang bisa dibilang otentik adalah charger berbasis magnet yang menancap ke bagian belakang Coros Live. Namun jika menimbang faktor ketahanan baterainya, Anda hanya perlu melakukan hal ini sebanyak 9 kali untuk pemakaian setahun.

Dari segi software, Coros Live memakai sistem operasi hasil racikannya sendiri. Smartwatch ini kompatibel dengan perangkat iOS 7.1+ maupun beberapa perangkat Android tertentu yang menjalankan OS KitKat versi 4.4 atau di atasnya.

Selain fungsi-fungsi yang sudah menjadi standar smartwatch saat ini, seperti notifikasi, activity tracking dan sleep tracking, Coros Live juga bisa difungsikan sebagai remote control untuk kamera milik smartphone. Tidak ketinggalan pula fungsi “Find My Phone” yang dapat membunyikan sekaligus menggetarkan smartphone Anda saat berada di jangkauan Bluetooth.

Info menarik: Pebble Perkenalkan Smartwatch Pebble Time Steel dan Berikan Detail Soal Aksesori Smartstrap

Satu hal yang disayangkan dari Coros Live adalah tidak adanya app store khusus seperti yang dibanggakan oleh Pebble. Artinya, seluruh fungsi maupun aplikasi baru untuk Coros Live harus menunggu update dari pihak pengembangnya secara langsung.

Saat ini, Coros Live tengah menjalani kampanye penggalangan dana di Kickstarter. Pledge terendahnya sekarang berada di angka $69 (± Rp 900 ribu) untuk satu unit Coros Live dengan pilihan tiga warna. Tim pengembangnya membebaskan biaya pengiriman internasional ke beberapa negara, termasuk halnya Indonesia.

Sumber: Kickstarter dan Wareable.