7 August 2014

by Yoga Wisesa

Smartwatch Ironman One GPS+ Dari Timex Dapat Berfungsi Mandiri Tanpa Smartphone

Dengan pengalaman lebih dari satu setengah abad dalam merancang dan memproduksi arloji, Timex memiliki perspektif unik dalam menanggapi naiknya kepopularitasan smartwatch. Tak heran, perusahaan asal Belanda itu juga memiliki visi yang berbeda dari produsen lain yang sedang gencar memasarkan smartwatch mereka.

Walaupun fiturnya yang semakin canggih, mayoritas smartwatch yang tersedia sekarang hanya berperan sebagai ekstensi atau pelengkap dari perangkat pintar utama Anda. Memang benar, smartwatch atau smartband berjalan di platform canggih, tapi tanpa smartphone, mereka belum bisa bekerja sempurna. Dan sepertinya itulah alasan Timex mengenalkan Ironman One GPS+.

Ironman (Ironman-Triathlon) adalah brand jam tangan digital milik Timex yang pertama kali diperkenalkan di tahun 1986, dan hingga kini masih terus diproduksi. Ironman One GPS+ adalah inkarnasinya di lini smartwatch. Ia tidak mengirimkan notifikasi app dari device lain dan tidak bisa memperlihatkan kalender. Lalu untuk apa Ironman One GPS+ dibuat?

 

Info menarik: [Rumor] Ini Dia Info Rilis dan Harga Smartwatch Pertama Besutan Asus

 

Arloji pintar ini adalah kombinasi konektivitas dengan kesederhanaan. Ia dibuat khusus untuk para petualang dan atlet untuk tetap terhubung. Timex meracik One GPS+ dengan hardware yang memadai untuk menjalankan fungsinya dengan optimal. Hasilnya, Ironman One GPS+ terlihat besar saat dikenakan di tangan, namun ia tahan banting dan anti-air hingga kedalaman 50 meter.

Bagian layarnya memanfaatkan teknologi Mirasol yang selalu aktif dengan ukuran 1,5-inci. Lalu One GPS+ juga memiliki konektivitas 3G (belum 4G) yang bisa Anda manfaatkan untuk mengirim pesan singkat langsung dari pergelangan tangan. Untuk mendukung fitur ini, Timex bekerjasama dengan Qualcomm dan juga AT&T. Layanan 3G disajikan secara gratis selama satu tahun penuh tapi belum ada informasi biaya lebih lanjut setelah masa itu usai.

Perlu Anda ketahui bahwa jam tangan pintar tersebut hanya menawarkan layanan data, namun tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan. Ironman One GPS+ tidak memiliki sensor detak jantung. Jika menginginkannya, Anda harus mengeluarkan uang US$ 40 lebih banyak untuk edisi spesial dengan sensor build-in dan aksesori berupa strap. Hanya ada beberapa aplikasi yang bisa Anda manfaatkan, dan sejauh ini belum ada app third-party.

 

Info menarik: Smartwatch LG G Watch Dipastikan Segera Tersedia di 27 Negara

 

Dalam penggunaan GPS konstan, Ironman One GPS+ dapat aktif selama delapan jam sebelum Anda harus mengisi ulang baterainya dengan kabel USB. Untuk penggunaan standar, arloji pintar tersebut bisa bertahan selama tiga hari. Dengan GPS, Anda bisa mengaktifkan mode Find Me jika tersesat, sinyal SOS, atau menelusuri kembali rute perjalanan.

Sebagai fungsi hiburan, Timex melengkapi One GPS+ dengan aplikasi music player build-in dan penyimpanan internal sebesar 4GB - kurang lebih dapat menyimpan 1.000 lagu. Sayangnya ia tidak memiliki speaker, jadi Anda baru bisa menikmati musik dengan headset Bluetooth.

Ironman One GPS+ ditawarkan dalam dua warna, hitam dan hijau, dengan harga US$ 400 (versi edisi spesial dibanderol US$ 440). Dengan begitu, smartwatch ini lebih mahal dari milik kompetitor dan juga jam Ironman lain, dengan harga yang berkisar antara US$ 80 hingga US$ 200.

Sumber: USA Today.