Categories

Gadget

Smartwatch Puls Buatan Will.i.am Dapat Menelpon Tanpa Smartphone

Yoga Wisesa - 16 October 2014

Dalam acara talk show Chatty Man bersama Alan Carr berbulan-bulan silam, musisi hip hop William 'will.i.am' Adams memamerkan sebuah smartwatch buatannya sendiri. Gadget ini sangat unik, karena tak seperti arloji pintar pada umumnya, ia memiliki fungsi telefoni sejati tanpa membutuhkan smartphone. Dan akhirnya, device itu pun diperkenalkan lebih resmi.

Dari panggung konferensi Dreamforce di kota San Francisco hari Rabu sore kemarin, will.i.am mengungkap Puls, jam tangan pintar berukuran lebar dua-inci. Ia mampu terhubung ke jaringan selular tanpa bantuan perangkat lain. Dengannya, Anda dapat langsung melakukan panggilan telepon, mengirim pesan singkat, mengakses jejaring sosial, mencari lokasi via map, dan tentu saja, menikmati musik.

Jika desainer smartwatch modern berusaha semaksimal mungkin agar wearable device mereka semakin menyerupai arloji casual, para pencipta Puls tampaknya tetap berpegang pada rancangan sebelumnya. Smartwatch dari sang pendiri The Black Eyed Peas itu sebenarnya lebih tampak seperti borgol dibanding arloji. Ia mungkin tidak terlihat cocok ketika dipakai oleh pengguna bertangan kecil.

Perangkat tersebut tidak memiliki strap terpisah, melainkan hadir dalam satu body utuh, menggunakan perekat magnetik. Tantangan besar pada lini teknologi wearable ialah mencapai keseimbangan antara hardware pendukung dan fashion. Itulah alasannya mengapa will.i.am menciptakan startup i.am+, untuk fokus mencari solusi 'fashionology' terbaik dalam device-device sejenis.

 

Info menarik: Will.i.am Pamerkan Smartwatch Buatannya, Segera Rilis Bulan Juli

 

Puls berjalan di versi modifikasi platform Android, dan layaknya Android Wear ataupun Apple Watch, ia dibekali asisten digitalnya sendiri via perintah suara. Kita sudah disajikan Siri dan Cortana, tapi untuk Puls, William Adams mengenalkan AneedA. Tentu berbeda dari smartphone, Puls tak mempunyai kamera, tapi ia dibekali speaker, 3G, Wi-Fi, GPS, memori onboard 1GB, sensor pedometer dan accelerometer.

Sayangnya belum ada informasi soal spesifikasi Puls lebih lengkap, selain fakta bahwa ia ditenagai system-on-chip Qualcomm Snapdragon dengan baterai yang bisa bertahan selama lima jam saat dipakai terus-menerus - jadi setidaknya Puls harus diisi ulang minimal sehari satu kali. Belum ada kepastian juga soal harga dan tanggal rilisnya selain perkiraan kasar, yaitu di masa liburan Natal nanti.

Mungkin karena sosok will.i.am yang lebih dikenal sebagai musisi dibanding ahli teknologi, banyak pihak skeptis pada produk Puls. Namun dalam kunjungannya ke sekolah-sekolah di Los Angeles, Adams selalu menekankan agar para siswa menekuni bidang ilmu pengentahuan, teknologi, engineering dan matematika, serta berupaya menjadi tokoh Bill Gates selanjutnya...

Sumber: Blog Wall Street Journal. Gambar: Gizmodo

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter