2 November 2015

by Glenn Kaonang

Solu Adalah Sebuah Tablet, Mini PC Sekaligus Trackpad Bertenaga Linux

Fitur Continuum milik Windows 10 bisa menjadi indikasi bahwa ke depannya mungkin kita cuma membutuhkan satu perangkat mobile saja untuk semua kegiatan komputasi. Meski terdengar ambisius, namun Microsoft tidak sendirian merealisasikan ide tersebut.

Sebuah startup asal Finlandia, Solu Machines, rupanya juga punya ide serupa. Akan tetapi pendekatannya sedikit berbeda. Mereka pun mengungkap Solu, sebuah perangkat mobile fungsional dengan layar sentuh 4,5 inci. Solu bisa digunakan layaknya sebuah tablet, hanya saja bentuknya benar-benar bujur sangkar ketimbang memanjang.

Namun saat Anda tancapkan kabel HDMI milik monitor ke port USB-C milik Solu – dengan bantuan adapter – seketika juga ia akan berubah menjadi sebuah PC desktop. Anda tahu mini PC macam Mac Mini dan Intel NUC, bukan? Solu ini adalah salah satunya, hanya saja ia sekaligus berfungsi sebagai trackpad sehingga Anda hanya perlu menyambungkan keyboard lewat Bluetooth.

Info menarik: OLO Ialah 3D Printer Pertama Untuk Smartphone Anda

Dari segi software, Solu menjalankan sistem operasi racikannya sendiri yang berbasis Linux, yang juga berarti sejumlah aplikasi Android lawas bisa ia jalankan. OS ini punya tampilan yang cukup unik, tapi yang lebih unik lagi adalah fokusnya pada cloud, dimana hampir semua konten akan disimpan di server, bukan di perangkat.

Hal ini disebabkan Solu hanya memiliki storage internal sebesar 2 GB. Layanan cloud tersebut juga tidak gratis: $19 per bulan untuk kapasitas 2 TB atau $49 per bulan untuk kapasitas 5 TB. Kapasitasnya memang besar, tetapi harganya juga mahal.

Pun demikian, layanan cloud ini berfungsi lebih dari sekedar tempat menyimpan file. Semua aplikasi juga bisa diakses dari sini, atau dengan kata lain, Anda sama sekali tak perlu mengunduh apa-apa ke perangkat. Tapi jangan khawatir, saat Anda tidak tersambung ke internet pun, Anda tetap bisa mengerjakan sesuatu, lalu hasilnya akan otomatis di-sync saat Anda kembali online.

Info menarik: AuraVisor Mirip Gear VR, Tapi Ia Tak Butuh Dampingan Smartphone

Fisik Solu juga tak kalah menawan dari tampilan software-nya. Sebagian dari rangkanya terbuat dari bahan kayu alami, sedangkan bagian atasnya tentu saja berlapis kaca, membuatnya sangat nyaman dipakai sebagai trackpad. Kaca ini melapisi layar beresolusi 1440 x 1440 pixel, membuat konten yang ditampilkan tampak kelewat tajam.

Seluruh pixel ini digerakkan oleh chipset Nvidia Tegra K1 yang memang terbukti andal dalam mengolah grafis, plus dukungan RAM 4 GB untuk kebutuhan multitasking. Saat dalam posisi mobile, Solu akan memanfaatkan daya yang berasal dari baterai 1.200 mAh.

Saat ini Solu tengah menjalani kampanye di Kickstarter. Harga terendah yang ditawarkan adalah €349, dengan bonus langganan layanan cloud selama 3 bulan. Harga retail-nya sendiri diperkirakan berkisar €449.