1. Lifestyle

Sony Masih Kewalahan Mengejar Tingginya Permintaan PlayStation 4

Menjadi pemegang rekor penjualanconsole game modern tertinggi tidak selalu memberikan dampak positif bagi Sony. Kita tahu bahwa PlayStation 4 terjual habis di toko-toko retail, terutama di wilayah-wilayah negara maju. Mereka berusaha habis-habisan untuk menyetok ulang, tapi apa daya, mereka memperkirakan stok akan kembali menipis sebelum kuartal dua 2014.

Berbicara pada sebuah wawancara di ajang Games Developers Conference, kepala divisi Sony PlayStation Andrew House mengakui bahwa penjualan PlayStation 4 masih sangat tinggi dan stok di toko retail kembali terjual habis. Dalam jangka waktu sementara, untungnya beberapa retailer mengumumkan mereka sudah kembali siap bermain.

Di bulan Januari lalu GameStop sempat memberitakan hal tersebut via press release. Menariknya, PlayStation 4 lagi-lagi terjual habis jauh lebih cepat dibandingkan proses stok ulang. Di bulan ini terhitung lebih dari enam juta unit console PlayStation 4 berpindah tangan ke konsumen semenjak diperkenalkan secara global tanggal 4 November tahun lalu - jauh mengalahkan penjualan PlayStation 3.

Sayangnya ketersediaan unit PS4 masih sangat terbatas hingga pertengahan tahun ini. "Kami berjuang untuk mengejar tingginya permintaan konsumen. Berdasarkan perhitungan kami, stok akan kembali terisi pada bulan-bulan musim panas," jelas House.

 

Info menarik: Sony Umumkan Dukungannya Pada Developer Game Independen

 

Berbeda dari Sony, penjualan Xbox One Microsoft terlihat lebih stabil dan pasti, walaupun perilisan Titanfall - sebagai title eksklusif Microsoft - kemarin turut mendorong peningkatan penjualan home console itu. Sayangnya, sementara kita tidak bisa lagi membandingkan statistik penjualan dan hubungannya dengan peluncuran game eksklusif karena Microsoft enggan untuk menginformasikan data terbaru penjualan Xbox One.

Bisa jadi satu alasan mengapa PlayStation 4 begitu diinginkan adalah para gamer yang ingin segera menjajal permainan eksklusif di sana, yaitu inFamous: Second Son. Dengan menciptakan hype yang tepat, permainan eksklusif sangat berpotensi meningkatkan daya beli suatu console. Dan itu mengapa di era multiplatform seperti sekarang, produsen console masih bersikeras tentang 'keeksklusifitasan platform'.

Tambahkan hal itu dengan judul-judul baru yang akan segera diluncurkan juga untuk PlayStation 4 seperti Daylight, Fintal Fantasy XIV: A Realm Reborn, Child of Light, Wolfenstein: The New Order hingga Watch Dogs.

Saat artikel ini ditulis, Amazon juga telah melakukan pengisian ulang unit PlayStation 4 mereka. Krisis PlayStation 4 ini sepertinya tidak terjadi di Indonesia karena toko-tokoretailerlokal masih memiliki stok cukup banyak.

Sumber: Wall Street Journal. Sumber gambar header: PlayStation.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again