1. Lifestyle

Rekor Baru Penjualan Sony PlayStation 4

Beberapa waktu lalu, sang presiden Sony Computer Entertainment wilayah Jepang dan Asia, Hiroshi Kawano, pernah mengungkapkan bahwa impiannya saat ini adalah mengalahkan rekor penjualan PlayStation 2. Menjadi home console terlaris sepanjang sejarah, bahkan para penciptanya ragu rekor tersebut dapat dipecahkan.

Satu hal yang menjadi alasan adalah bahkan Sony sendiri memprediksi bahwa home console baru mereka, PlayStation 4, memiliki masa lifecycle yang lebih pendek dari platform-platform mereka sebelumnya.

Tapi mungkin masih ada jalan bagi Sony untuk mengejar keinginan terbesar mereka karena PS4 sendiri berhasil mencetak rekor baru yang mengagumkan: dalam empat bulan perilisannya dan beberapa saat setelah diluncurkan di Jepang, console baru ini telah terjual enam juta unit.

 

Info menarik: Inikah Tampilan Cortana di Windows Phone 8.1?

 

Di sini kita bisa melihat kenaikan penjualan yang sangat sehat. Di awal Desember, hanya beberapa hari setelah peluncurannya, Sony mengumumkan penjualan menyentuh angka 2,1 juta unit. Lalu di bulan Januari, penjualan PS4 naik dua kali lipat hingga 4,2 juta unit. S

aat Sony akhirnya merilis platform tersebut di Jepang, perangkat ini telah terjual lebih dari 5,3 unit. Sekitar 2,1 juta unit yang terjual merupakan versi bundel Killzone: Shadow Fall, kita bisa melihat kontribusi game ini dalam penjualannya.

Bukan hanya itu, Sony PlayStation 4 juga menjadi platform next-generation terlaris sepanjang sejarah Inggris Raya dan terjual jauh melebihi perkiraan sebelumnya di Jepang dengan lebih dari 370.000 unit.

Sang rival raksasa mereka sendiri juga memiliki angka penjualan yang cukup sehat. Di akhir tahun lalu, sebanyak 3,9 juta Xbox One didistribusikan ke toko-toko retailer di seluruh dunia dan penjualannya mencapai tiga juta unit. Berbeda dengan Sony, Microsoft tampak enggan membeberkan info penjualan mereka.

 

Info menarik: Menjajal Versi Pre-alpha Celestian Tales: Old North

 

Asumsi analis adalah angka tersebut cukup tinggi berkat gamer yang menanti Titanfall sebagai permainan eksklusif platform Microsoft. Ia bisa dibilang sebagai Killzone: Shadow Fall-nya Xbox One. Sayang mereka hanya merilis console tersebut di wilayah yang terbatas jika dibandingkan dengan Sony, PlayStation 4 dirilis di 57 negara.

Sony juga merilis data statistik yang menyebutkan bahwa gamer PlayStation 4 telah merekam dan men-share 100 juta momen gameplay dan men-streaming-nya ke Twitch dan Ustream. Kemudian lebih dari separuh pemilik PlayStation 4 juga berlangganan layanan PlayStation Plus.

Perkiraan saya, penjualannya ini akan kembali melesat naik jika Sony mengumumkan secara resmi kembalinya seri Uncharted dan The Last of Us di platform game anyar tersebut...

Via IGN. Sumber gambar header: Playstation.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again