21 August 2015

by Glenn Kaonang

Sony Rilis SmartBand 2, Kini Dilengkapi Heart Rate Monitor

Menghadapi persaingan di ranah wearable yang semakin ketat, Sony pun merilis generasi kedua gelang pintar andalannya, SmartBand 2. Dibanding pendahulunya, SmartBand 2 kini tampil sedikit berbeda dan bisa mengumpulkan lebih banyak informasi.

Secara desain, Sony SmartBand 2 masih mempertahankan konsep modular yang diusung pendahulunya; bagian intinya bisa dilepas dan dipasangkan ke strap dengan empat warna yang berbeda. Strap-nya sendiri kini memakai mekanisme pengait seperti arloji, sehingga penampilannya pun terkesan lebih elegan.

Tanpa harus terkejut, SmartBand 2 juga tahan air dan debu dengan sertifikasi IP68. Baterainya diperkirakan bisa bertahan hingga 2 hari, dan proses charging-nya cuma memerlukan waktu sekitar 1 jam.

Info menarik: Sony Smart B-Trainer Adalah Earphone Sekaligus MP3 Player dan Fitness Tracker

Namun pembaruan paling mencolok dari SmartBand 2 adalah kehadiran sensor laju jantung. Jadi, selain memonitor beragam aktivitas fisik pengguna, ia sekarang juga akan memonitor laju jantung secara konstan, plus seberapa stres/ceria mood sang pengguna. Melengkapi semua ini adalah fitur sleep tracking yang akan aktif secara otomatis, lalu membangunkan pengguna dengan getaran lembut pada fase tidur yang paling optimal.

Notifikasi turut mendapat perhatian khusus dari SmartBand 2, dimana ia akan bergetar dan memenjarkan lampu LED RGB setiap kali ada panggilan telepon, pesan teks atau email yang masuk ke smartphone. SmartBand 2 juga bisa digunakan untuk mengontrol aplikasi pemutar musik, baik di perangkat Android maupun iOS.

Bonus untuk yang menggunakan smartphone atau tablet Xperia, SmartBand 2 akan memberikan peringatan setiap kali Anda menggeletakkan dan meninggalkan perangkat-perangkat tersebut tanpa sengaja.

Sony SmartBand 2 akan segera dipasarkan mulai bulan September 2015 mendatang di 60 negara seharga €119, atau sekitar Rp 1,85 juta.