26 April 2017

by Bambang Winarso

Spotify Berniat Bikin Perangkat Sendiri?

Spotify membuka lowongan pekerjaan baru untuk posisi yang berhubungan dengan perangkat

Tak ada yang meragukan reputasi Spotify di industri streaming musik. Per Maret 2017, mereka mengantongi sedikitnya 50 juta pelanggan dari seluruh dunia, menobatkan mereka sebagai salah satu layanan streaming musik paling populer. Pun demikian, dibandingkan Apple Music, Spotify punya kelemahan di mana mereka tidak mempunyai ekosistem perangkat. Sedangkan Apple Music yang merupakan aplikasi milik Apple menjual perangkat buatannya sendiri sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakan layanan tersebut.

Tampaknya alasan itulah yang membuat manajemen Spotify memutuskan untuk membuka lowongan kerja baru untuk posisi Sr Project Manager – Hardware di situs resminya. Menurut listing lowongan tersebut, Spotify sedang mencari seseorang yang bisa memimpin dan mengembangkan perangkat dari Spotify untuk pelanggan lama dan baru.

Munculnya listing lowongan kerja ini memunculan berbagai spekulasi, salah satunya menyebutkan soal perangkat headset yang memudahkan pengguna menikmati hiburan musik dari smartphone. Tetapi jika merujuk pada apa yang mereka jelaskan, tampaknya Spotify lebih menginginkan sebuah produk wearable yang merepresentasikan kategori baru dan belum pernah ada, seperti yang Snap Spectacle, Pebble Watch atau Amazon Echo. Spekulasi terbaik yang berkembang menyebutkan soal perangkat headphone inovatif yang bisa terhubung langsung ke layanan Spotify tanpa melalui smartphone atau smartwatch.

Tentu selain soal bagaimana konsep perangkat yang mereka inginkan, ada banyak pertanyaan yang menanti perangkat baru Spotify. Salah satunya, mampukah mereka mendapatkan ruang untuk berkembang di tengah padatnya pasar perangkat terutama di industri perangkat terkoneksi.

Sumber berita Spotify, Macrumors dan gambar header Pixabay.