1. Startup

Sprixi, Mencari Image Gratis Secara Cepat

Images pada sebuah artikel terkadang memegang peranan penting selayaknya artikel itu sendiri, untuk presentasi juga demikian, bahkan pengguna internet di Indonesia yang telah merambah anak sekolahan juga memerlukan images untuk mendukung aktifitas pengerjaan tugas mereka. Tapi, mengambil images melalui internet bukannya tanpa masalah, ada etika dalam mengambil dan menggunakan images yang di dapat dari internet. Menyebutkan sumber images adalah salah satu etika yang mesti dilakukan.

Bagi para internet savvy, mungkin telah mengenal Creative Commons license, sebuah lisensi yang sangat membantu dalam memfasilitasi beberapa lisensi, termasuk lisensi images. Kini ada sebuah aplikasi yang memudahkan anda untuk mencari images yang diperlukan untuk beberapa pekerjaan seperti tugas sekolah, presentasi, blog post, instant message, atau untuk melengkapi tweet anda. Aplikasi itu adalah Sprixi.

Sprixi sangat mudah digunakan, anda cukup masuk ke halaman utama dan memasukkan kata kunci images yang anda cari. Sprixi akan memberikan banyak pilihan images, misalkan anda mengetikkan Indonesia, maka pilihan images yang sesuai dengan kata kunci itu akan muncul. Sprixi merupakan mesin pencari images berbasis crowdsource, jadi ketika anda memilih sebuah images, sebelum mendownloadnya untuk menggunakan, anda bisa berpartisipasi untuk memberi saran apakan images yang anda lihat itu sesuai dengan topik atau tidak, dari sinilah nantinya data-data tentang images disesuaikan dengan topik yang user cari.

Jika topik atau jenis images yang anda cari belum tersedia, anda bisa berkontribusi dengan mengirimkan images yang sesuai dengan topik tersebut, Sprixi juga menyediakan fasilitas register untuk mereka yang ingin berpartisipasi secara lebih, tapi bagi anda pengguna biasa, anda tidak perlu register untuk mengunakan aplikasi ini.

Copyright adalah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Sprixi, saya terus terang sering kali merasa ragu-ragu dalam menggunakan images yang saya dapat di internet karena masalah copyright ini, tapi Sprixi mengumpulkan images dari Flickr dan OpenClipArt, serta dari koleksi images mereka sendiri, dan foto atau gambar-gambar hampir seluruhnya berada dalam Creative Commons License atau merupakan images dalam kategori public domain.

Anda juga bisa memilih ukuran images dengan sangat mudah, dan mendownloadnya atau menggunakan link dari images tersebut untuk keperluan lain, tweet misalnya. Dibawah gambar yang anda pilih akan terdapat keterangan pemilik serta sumber dari mana gambar itu didapat, lengkap dengan license-nya. Jika anda belum begitu paham tentang license ini, sebelum anda mendownload images, Sprixi memberikan keterangan tambahan di bawah fungsi download lengkap dengan artikel lebih lanjut untuk mempelajari license.

Bagi pengguna internet lokal, sepertinya memang kini kita harus lebih respect lagi dengan berbagai konten yang ada di internet, beberapa ketentuan-ketentuan penggunanan material di internet memang sepertinya bikin ribet, tapi jika kita mau meluangkan waktu sedikit, ternyata etika tentang bagaimana caranya menulis dan menggunakan konten dari internet tidak begitu rumit, apalagi kini ada aplikasi Sprixi yang memang telah menyediakan free images.

License Creative Commons memang belum begitu populer, bahkan daftar negara kita belum juga termasuk di daftar negara yang ada di situs Creative Commons, dan peraturan disini juga bisa jadi belum mengakomodir secara luas tentang perkembangan internet, tidak seperti di US, tapi sepertinya kesadaran tentang penggunaan secara bijak konten di internet sudah harus dimulai dari sekarang, 2010 bisa jadi akan menjadi momen penting untuk perkembangan internet di Indonesia. Dan ketika itu terjadi, saya berharap, bukan hanya kalangan perusahaan atau produsen yang siap menyambutnya, tetapi yang lebih penting adalah kemampuan user untuk beradaptasi dengan kemajuan internet.

Bagaimana dengan anda? Apakah pernah mengalami kesulitan untuk mencari images yang free dan bebas rasa takut akan lisensi? Bagaimana pendapat anda tentang Sprixi? Jangan lupa untuk share komentar anda di kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again