1. Startup

Startup Logistik KiriminAja Raih Pendanaan, Rencanakan Ekspansi Bisnis

Selama hampir tiga tahun berdiri, KiriminAja mencatatkan kenaikan transaksi hingga 800% pada Desember 2022

Setelah resmi meluncur di tahun 2020, startup enabler logistik KiriminAja mengumumkan rencana ekspansi di tahun 2023. Ini sebagai tidak lanjut atas perolehan pendanaan segar baru-baru ini --- tidak disebutkan detailnya. Penguatan bisnis juga ditandai dengan masuknya Djohari Zein di jajaran komisaris bersama Budi Isman dan Yulian Afrizal.

Founder & CEO KiriminAja Fariz GTJ mengungkapkan bahwa dana segar akan digunakan untuk mengakselerasi bisnis dan mengakuisisi pasar yang lebih luas. Selain itu, perusahaan juga akan meningkatkan layanan customer dan mendorong pengembangan beberapa produk baru.

"Beberapa inisiatif yang akan akan dikembangkan di antaranya Cash Advance COD, dan pemberian modal bisnis, sesuai dengan visi KiriminAja membangun ekosistem edukasi untuk meningkatkan pertumbuhan UKM di Indonesia," tambah Fariz.

KiriminAja merupakan startup teknologi yang memberikan kekuatan di bidang supply chain untuk membantu UMKM serta pebisnis online. Perusahaan menyediakan opsi fleksibel untuk pelanggan dengan dengan banyak pilihan ekspedisi dan sistem yang mudah digunakan personalized service.

Dalam wawancara terpisah, Fariz menegaskan positioning KiriminAja di pasar logistik Indonesia. "Orang awalnya mengira kami ini perusahaan jasa ekspedisi. KiriminAja bukan itu. Kami justru merupakan marketplace dari perusahaan ekspedisi," jelasnya.

Selama hampir tiga tahun berdiri, perusahaan yang berbasis di Yogyakarta ini mencatatkan kenaikan transaksi hingga 800% pada Desember 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. Perusahaan mengaku akan tetap agresif dalam mengejar pertumbuhan namun menghindari adanya perang harga dalam prosesnya. Beberapa program yang belum lama ini diluncurkan adalah KiriminAja One Year Coaching, Modal Bisnis KiriminAja, serta Reward Loyalty.

Hingga saat ini, KiriminAja telah memiliki basis pengguna sekitar 200 ribu orang yang tersebar di seluruh Indonesia dengan basis terbesar di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DKI Jakarta. Sebagai perusahaan, KiriminAja juga telah berkembang dari 12 karyawan saat pertama kali mulai beroperasi, hingga sekarang telah melampaui 200 karyawan memasuki tahun ketiganya.

Logistik enabler di Indonesia

Sistem logistik berperan krusial dalam sistem ekonomi di sebuah negara, bahkan menjadi penopang utama industri seperti ritel, manufaktur, sampai dengan pertanian. Mulai dari petani, ke pengepul, ke pasar, hingga sampai ke dapur kita, semua akan melalui proses logistik.

Faktanya, permasalahan di lini logistik juga pelik, mengakibatkan inefisiensi secara sistematis dari proses di hulu hingga ke hilir. Contoh paling sederhana pada sistem transportasi. Tidak sedikit inovator teknologi yang mencoba menghadirkan sebuah transformasi di sistem logistik.

Aggregator logistik merupakan jasa yang menghubungkan antara penjual, pembeli serta perusahaan di bidang ekspedisi barang. Jasa ini membantu pebisnis melakukan manajemen pengiriman dengan secara tepat. Peranan logistik ini menjadi sangat krusial terlebih di saat permintaan pengiriman barang dari bisnis online seperti e-commerce di tanah air terus melaju pesat.

More Coverage:

Dalam laporan DSInnovate yang bertajuk "Digitalisasi Logistik di Indonesia 2022" terdapat sejumlah data menarik yang dipaparkan, seperti minat investor terhadap startup yang bergerak di bidang logistik. Sepanjang tahun 2022 ini 14 transaksi pendanaan yang diberikan, membukukan $169,6 juta atau setara 2,6 triliun Rupiah.

Di Indonesia sendiri, potensi bisnis e-commerce enabler terbilang menggiurkan, apalagi di Indonesia. Sektor e-commerce Indonesia merupakan salah satu pasar dengan pertumbuhan terpesat di dunia. Ekonomi digitalnya bernilai sekitar $77 miliar pada tahun ini menurut laporan e-Conomy 2022, dan diprediksi mencapai $130 miliar pada 2025 dengan dominasi dari sektor e-commerce.

Selain KiriminAja, beberapa perusahaan yang menawarkan jasa serupa enabler termasuk aCommerce, SIRCLO, dan JetCommerce.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again