Categories

Berita

Startup Binaan OCBC NISP Ventura "Prospeku" Kantongi Pendanaan Tahap Awal

Telah memiliki sekitar 17 ribu agen, menggandeng Bank OCBC NISP menghadirkan fasilitas KPR dan KTA

Yenny Yusra - 3 September 2021

Didirikan sebagai proyek yang dikembangkan melalui program inkubasi OCBC NISP Ventura, platform proptech Prospeku meluncur secara independen dibawah naungan PT Properti Bawa Untung. Sebagai investor, OCBC NISP Ventura masuk ke pendanaan tahap awal dengan nilai investasi yang tidak disebutkan.

Dana segar tersebut akan digunakan untuk mengembangkan platform yang menghubungkan calon pembeli dengan agensi dan agen properti. Saat ini Prospeku telah memiliki sekitar lebih dari 17.000 agen properti yang telah bergabung. Tahun ini perusahaan menargetkan menambah jumlah agen properti dan menghadirkan lebih banyak fitur dalam aplikasi.

"Prospeku diharapkan lebih optimal dalam melayani kebutuhan pelaku bisnis properti. Di waktu mendatang, kami pun berharap dapat berkontribusi positif bagi upaya pemulihan bisnis di sektor properti Indonesia,” kata CEO Prospeku Yulius Elvino.

Fitur unggulan Prospeku

Layanan Prospeku berupa aplikasi mobile yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder proses jual beli properti, termasuk apartemen, rumah, hingga tanah.

Secara khusus perusahaan ingin memudahkan agen properti yang telah bergabung untuk menikmati berbagai fitur, seperti listing, contact, deals dan financing.

Prospeku mengklaim menjamin kerahasiaan data yang dimasukkan melalui aplikasi dan tidak disebarkan tanpa adanya izin dari pemilik listing atau properti bersangkutan.

“Prospeku merupakan hassle-free platform yang memberi solusi digital ke para agen properti agar mereka bisa mengelola property listing-nya secara lebih efektif. Prospeku siap membantu agen properti dalam mengelola customer lebih baik dan memasarkan properti lebih mudah. Semua dalam satu aplikasi,” jelas CMO Prospeku Lucy Kaudin.

Prospeku menggandeng Bank OCBC NISP untuk menyediakan fasilitas KPR dan KTA. Selain itu prospeku juga telah menjalin kolaborasi dengan Rumah123,99.co dan CicilSEWA.

“Melalui sinergi dan Kerjasama antara Prosepeku dengan Bank OCBC NISP maka agen properti maupun calon pembeli dapat memperoleh penawaran terbaik dari KPR Bank OCBC NISP,” ujar Customer Solutions Retail Loan Division Head Bank OCBC NISP Rudy Sutjiawan.

Fokus OCBC NISP Ventura

Diluncurkan pada tahun 2020 lalu, secara keseluruhan hingga saat ini OCBC NISP Ventura telah memiliki 8 portofolio, termasuk Kiddo, Rukita, GajiGesa, AwanTunai, Sirclo dan Dekoruma.

Kepada DailySocial, Head of Strategy & Innovation OCBC NISP Ka Jit menjelaskan, tujuan pembentukan CVC ini adalah menciptakan ekosistem digital yang mampu menggerakkan transformasi sektor perbankan. Perusahaan menunjuk Darryl Ratulangi sebagai Managing Director yang akan bertanggung jawab mengemban visi OCBC NISP Ventura.

Dana senilai 400 miliar Rupiah disiapkan sebagai modal dasar, dengan kepemilikan 99,9% oleh Bank OCBC NISP. Selain berinvestasi, beberapa program yang akan dijalankan termasuk inkubasi startup dan kemitraan strategis. Di fase awal, perusahaan targetkan bisa membina pengembang solusi digital yang mampu meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

“Kami mendirikan OCBC NISP Ventura untuk menciptakan nilai transformatif dengan memanfaatkan potensi semangat kewirausahaan dan startup di Indonesia dengan jaringan perbankan yang luas untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berkembang,” ujar Ka Jit.
Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter