Categories

Gadget

Steam Link Janjikan Kemudahan Bermain Game PC di TV Anda

Glenn Kaonang - 20 October 2015

Di ajang GDC 2015 kemarin, Valve sempat mengumumkan kehadiran sebuah perangkat bernama Steam Link. Saat itu Valve masih enggan mengungkap detailnya secara merinci, namun mendekati jadwal rilis yang sudah dijanjikan, mereka akhirnya buka suara.

Agar lebih mudah memahami, anggap Steam Link ini sebagai perangkat yang menjembatani PC di kamar dan TV di ruang tamu, meneruskan hampir seluruh game yang berjalan di PC menuju TV tersebut. Kalau sebelumnya Anda harus mengandalkan kabel HDMI bermeter-meter untuk melakukannya, Steam Link ingin memudahkan semua prosesnya dengan melibatkan jaringan lokal.

Soal performa, Anda tampaknya tak perlu ragu dengan Steam Link. Perangkat ini siap menyuguhkan game dalam resolusi 1080p 60 fps di TV Anda. Anda juga tak perlu khawatir soal lag; selama PC dan Steam Link sama-sama tersambung ke jaringan lokal via kabel Ethernet – bukan Wi-Fi – dijamin semuanya akan berlangsung mulus.

Info menarik: Ayo Simak Demo Menakjubkan SteamVR di HTC Vive Ini

Dari segi fisik, Steam Link sangatlah ringkas, mungkin hanya sebesar sebuah harddisk eksternal. Konektivitasnya mencakup sebuah port Ethernet, HDMI, Wi-Fi AC, Bluetooth 4.0 dan 3x USB 2.0. Proses instalasinya pun terbilang sangat mudah.

Untuk memulai, pertama-tama pengguna diminta menyambungkan Steam Link ke routervia kabel Ethernet, lalu ke TV lewat sambungan HDMI. Selanjutnya, Steam Link secara otomatis akan menemukan PC Anda yang juga tersambung ke router. Sambungkan controller ke Steam Link, maka Anda siap untuk bermain di depan TV.

Dari sini Anda mungkin berpikiran bahwa Steam Link hanya kompatibel dengan Steam Controller saja. Nyatanya tidak demikian; Anda juga bisa menyambungkan controller milik Xbox One atau 360, baik yang dilengkapi kabel atau yang tidak, maupun Logitech Wireless Gamepad F710.

Sesuai janji, Steam Link akan segera dipasarkan mulai 10 November 2015 seharga $50, bersamaan dengan Steam Controller yang juga dilepas di harga yang sama. Perangkat ini kompatibel dengan Windows, Linux dan Mac sekaligus. Kalau Anda masih penasaran dengan cara kerja Steam Link, silakan simak video perkenalannya di bawah ini, dibintangi oleh karakter-karakter Team Fortress 2.

Sumber: Gamespot dan Steam.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter