Categories

Gadget

Suka Memancing? AguaDrone Siap Menolong Anda Mencari Ikan

Glenn Kaonang - 4 June 2015

Buat sebagian besar konsumen, drone/quadcopter biasanya mereka manfaatkan untuk keperluan aerial videography maupun photography. Tugas tersebut sejatinya sudah bisa dijalani olehdrone terkini dengan sangat baik, bahkan hampir mendekati sempurna jika melihat fitur-fitur autopilot yang perlahan mulai menjadi standar.

Buat sebagian lain, drone juga punya manfaat yang unik. Bagi Amazon, drone adalah masa depan jasa pengiriman barang mereka. Di beberapa negara, drone bahkan dimanfaatkan oleh tim SAR (Search and Rescue) dalam menjalani misi mulianya.

Namun drone yang satu ini agak nyeleneh. Bernama AguaDrone, ia dirancang untuk menemani Anda memancing. Ya, Anda tidak salah baca, drone ini memiliki fungsi utama untuk mencari ikan di dalam air.

Info menarik: Splash Drone Ialah Drone Yang Tidak Takut Air

Tidak ada yang terlalu istimewa dari desain fisiknya. Sang pengembang memanfaatkan kombinasi dua material plastik sebagai rangka utamanya, yakni polycarbonate dan ABS. Di keempat sudutnya, menjulur ‘lengan’ yang masing-masing dilengkapi baling-baling. Ketahanan air merupakan salah satu fitur wajib yang diusung AguaDrone, mengingat ia didesain untuk menemani para penggila memancing maupun nelayan.

Keistimewaan AguaDrone terletak di bagian bawahnya, dimana ada sebuah mount untuk memasangkan satu dari tiga modul terpisah yang mereka sebut dengan istilah interchangeable pod. Masing-masing pod ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan Anda.

Pod yang pertama dijuluki Fish Scout Pod, atau istilah lebih sederhananya, Fish Finder. Fish Scout Pod memanfaatkan teknologi sonar yang biasa dipakai armada kapal selam untuk mendeteksi keberadaan kendaraan air lainnya. Namun di sini sonar dipakai untuk memonitor ikan-ikan yang berada di dalam air, baik di air tawar maupun air asin.

Berbekal Fish Scout Pod, AguaDrone bisa mendeteksi keberadaan ikan hingga kedalaman sekitar 36 meter. Selanjutnya, data dalam wujud visual yang mudah dipahami akan dikirimkan ke aplikasi pendamping pada smartphone atau tablet melalui sinyal Wi-Fi, dengan jangkauan maksimum mencapai hampir 100 meter.

Info menarik: Ditenagai 6 Rotor, Drone Ini Tidak Memerlukan Image Stabilizer

Menariknya, Fish Scout Pod ini tidak ‘menyedot’ daya milik AguaDrone. Ia dilengkapi baterai sendiri yang diklaim sanggup bertahan hingga 4 jam dalam satu kali charge. Charging baterai sendiri bisa dilakukan via sambungan USB. Fitur penghematan daya pun turut hadir, dimana pod ini akan otomatis aktif ketika tercelup di air dan sebaliknya.

Pod kedua dinamai Line Flier Pod. Berbekal pod ini, AguaDrone bisa Anda manfaatkan untuk menempatkan umpan pancing pada area yang tidak terjangkau ‘lemparan’ Anda. Sedangkan pod ketiga sejatinya merupakan mount untuk kamera GoPro, yang berarti AguaDrone bisa Anda manfaatkan juga layaknya drone pada umumnya.

AguaDrone saat ini masih belum memasuki tahap produksi, dan sedang menjalani kampanye penggalangan dana di Kickstarter. Kalau misalnya Anda tertarik, Anda bisa menjadi backer dengan memilih pledge senilai $999 yang merupakan bundle lengkap dari AguaDrone.

Harga ini memang terbilang mahal. Kendati demikian, hobi memancing pun juga bisa dikatakan mahal, terutama jika kita berjumpa dengan orang-orang yang begitu serius menekuninya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter