1. Startup

Survei DailySocial: Layanan Streaming Belum Jadi Metode Utama Saat Mendengarkan Musik

58,21 persen responden masih menempatkan unduhan musik gratis sebagai pilihan pertama jika ingin mendengarkan musik

Di tahun 2015 DailySocial pernah melakukan survei untuk mengetahui bagaimana adopsi layanan streaming di Indonesia. Kini, kami melakukan hal yang tak jauh berbeda melalui survei "Music Listening Pattern in Indonesia" yang diterbitkan hari ini. Survei ini merupakan hasil kerja sama DailySocial dan JakPat untuk memberikan gambaran mengenai pola mendengarkan musik saat ini dengan melibatkan 1015 responden.

[Baca juga: Laporan: Mayoritas “Online Shopper” Puas dengan Layanan E-Commerce di Indonesia]

Ada beberapa hal menarik yang ditemukan dalam laporan ini, yaitu:

  • Hanya 29,54% responden saat ini mendengarkan musik melalui layanan streaming, sedangkan 70,46% sisanya masih memilih jalur offline.
  • Jalur offline ini artinya responden tidak terhubung dengan internet sama sekali ketika mendengarkan musik. Ada 58,21% responden yang menempatkan free download sebagai prioritas utama sumber untuk mendengarkan musik.
  • Pun demikian, 50,29% responden menyatakan kenginannya untuk pindah ke layanan streaming.

[Baca juga: DailySocial.id Luncurkan Laporan Perilaku Konsumen Digital Indonesia 2016]

  • Yang harus diperhatikan di tahap awal penetrasi layanan streaming musik di Indonesia adalah fakta bahwa tidak banyak yang berminat untuk membayar layanan musik streaming. 89,69% responden survei menyebutkan bahwa mereka adalah free user.
  • Dalam survei kali ini, YouTube berhasil keluar sebagai platform favorit untuk mendengarkan streaming musik dengan persentase mencapai 74,23%, diikuti Joox di posisi kedua dan Spotify di posisi ketiga.

[Baca juga: Indonesia’s Digital Healthcare Services Penetration Survey]

Hasil lengkap dari survei Dailysocial “Music Listening Pattern in Indonesia” yang terdiri dari 27 halaman ini dapat diunduh secara gratis melalui tautan ini setelah Anda menjadi member DailySocial.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again