25 September 2013

by Bambang Winarso

Tablet Surface 2 dan Surface Pro 2 Resmi Diperkenalkan, Pre-Order Sudah Dimulai

Microsot menepati janjinya yang sebelumnya mengatakan segera mengumumkan kepastian lahirnya tablet generasi Surface terbaru pada 23 September 2013. Secara resmi perusahaan teknologi raksasa tersebut memperkenalkan jagoan baru penerus generasi Surface yaitu Surface 2 dan Surface Pro 2 pada sebuah perhelatan spesial di New York.

Sempat gagal pada percobaan pertama saat meluncurkan Surface setahun lalu akibat persaingan tak kenal lelah dari produsen lain dan juga banyaknya kelemahan di sisi fitur dan persaingan harga, kali ini Microsoft mencoba lagi dengan menjanjikan beberapa perubahan ekstrim seperti performa yang lebih baik, daya tahan baterai yang lebih lama dan pastinya beberapa aksesoris baru misalnya Battery Cover dan Kickstand versi baru.

Surface 2 mendapatkan improvisasi di bagian sistem operasi yang menggunakan Windows RT 8.1, Microsoft menjanjikan performa yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya dengan menanamkan prosesor Tegra 4. Sebagai penyegar ingatan Anda, tablet Surface generasi pertama menggunakan Nvidia T30. Meskipun dari sisi tampilan masih terlihat mirip dengan pendahulunya tetapi ternyata Surface 2 memiliki bodi lebih tipis dan lebih ringan.

Kita beralih ke sisi layar yang bersaing dengan Surface Pro 2, sebab tablet ini juga memiliki kualitas layar 1920 x 1080 HD sehingga menawarkan kejernihan optimal saat digunakan. Dan lengkap dengan port USB 3.0 untuk transfer data yang lebih cepat.

Resolusi kamera juga mendapatkan pembaharuan, kini kamera depan sudah 3.5MP dan kamera belakang 5MP, jika di Surface pertama hanya mampu menangkap kualitas video 720p, di generasi kedua ini kamera yang ditanamkan mampu menangkap video 1080 meski dengan tingkat pencahayaan yang rendah.

Untuk bisa menggondol Surface 2, uang senilai mulai dari $499 jadi maharnya, pre-order akan telah dimulai. Amerika dan Eropa akan mendapatkan jatah terlebih dahulu 22 Oktober nanti, sementara Cina paling cepat mulai November 2013.

Sementara tablet Surface Pro 2 mendapatkan bekal yang lebih mentereng seperti yang diprediksikan sebelumnya, tablet generasi kedua ini mengusung prosesor Core i5 generasi ke empat Intel Haswell yang diklaim mampu menghasilkan performa yang lebih baik. Wajar saja, dengan harga dua kali lebih mahal yakni mulai dari $899 tentu tablet ini harus menawarkan kemampuan yang lebih.

Microsoft mengklaim Surface Pro 2 mampu bekerja dengan tenaga baterai 60% lebih lama dibandingkan generasi sebelumnya. Dari sisi desain keduanya tidak jauh berbeda, namun Surface Pro 2 mendapatkan kickstand berdesain baru yang menawarkan posisi dan sudut kemiringan yang lebih nyaman.

Surface 2 Pro dengan sistem operasi Windows Pro 8.1. Karena konsepnya sebagai pengganti laptop sehingga Surface Pro 2 mampu menjalankan hampir semua aplikasi Windows termasuk Microsoft Office dan aplikasi yang ada di Windows Store.

Surface Pro 2 akan tersedia dalam empat tipe yaitu 64GM dan 128GB dengan dukungan RAM 4GB serta tipe 256GB dan 512GB mendapatkan dukungan RAM 8GB.

Kita ucapkan juga selamat datang untuk beberapa aksesoris terbaru yang diperkenalkan oleh Microsoft seperti:

  • Touch Cover 2
  • Type Cover 2
  • Power Cover
  • Docking Station for Surface Pro
  • Wireless Adapter for Typing Covers
  • Car Charger with USB
  • Arc Touch Mouse Surface Edition

Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut baik spesifikasi maupun detail pre order di halaman resmi Surface.

Sumber berita Microsoft.